Ramadan 2020

Salat Tarawih di Rumah, Berikut Tata Cara, Bacaan Niat Hingga Doa Setelah Witir

Cara Menunaikan ibadah shalat tarawih sendiri atau berjamaah di rumah selama bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah. Untuk mencegah penyebaran virus corona

ummi-online.com
Ilustrasi Shalat Tarawih dan Witir di Rumah 

POSBELITUNG.CO - Pemerintah maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat muslim Indonesia agar menunaikan ibadah shalat tarawih sendiri atau berjamaah di rumah selama bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah.

Hal ini dimaksud untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang merebak di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Seperti diketahui bahwa shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dianjurkan dikerjakan pada bulan Ramadan.

Tarawih bisa dilaksanakan secara berjamaah, bisa pula sendirian.  Berjamaah umumnya dilaksanakan secara berjamaah di masjid, maupun surau.

Berikut ini tata cara shalat tarawih dan witir, beserta niat dan doanya. Namun perlu diketahui juga dinamakan shalat tarawih karena setiap selesai dua salam (empat rakaat) dianjurkan istirahat sejenak.

Dalam kitab Al-Muwatha’, Imam Malik menuturkan mengenai jumlah rakaat shalat tarawih.

Yakni pada masa Khalifah Umar Bin Khottob, shalat tarawih dikerjakan 23 rakaat, terdiri dari 20 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Shalat tarawih dilaksanakan 20 rakaat dengan 10 kali salam, dalam bilangan 2 rakaat.

Pada prakteknya di Indonesia, kalangan umat Islam juga ada yang melakukan sejumlah 11 rakaat, yaitu 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Tentu perbedaan seperti ini tidak perlu diruncingkan dan dipermasalahkan. Kedua cara itu diperbolehkan.

Niat Sholat Tarawih

Halaman
1234
Editor: rusmiadi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved