Breaking News:

Masih Ada Penerbangan Komersial Dari Soekarno-Hatta, 34 Bandara Hentikan Penerbangan Hingga 1 Juni

Masyarakat yang sudah memiliki tiket dengan jadwal penerbangan agar menghubungi pihak maskapai untuk melakukan refund atau reschedule

IST/Dokumentasi Angkasa Pura II
Terminal LCC Bandara Soekarno Hatta. 

POSBELITUNG.CO - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soeta) masih melayani operasional penerbangan pesawat komersial pada hari ini Jumat (24/4/2020). Meskipun sudah ada larangan Kementerian Perhubungan yang mulai berlaku hari Jumat Ini.

Kepala Otoritas Penerbangan Wilayah 1 Bandara Soekarno-Hatta Herson mengatakan, masih ada penerbangan komersial yang mengangkut penumpang di bandara itu Jumat (24/4/2020) pagi meski larangan mudik sudah ditetapkan.

Larangan mudik dari wilayah zona merah penyebaran Covid-19 berlaku mulai Jumat ini sampai dengan 1 Juni. Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam larangan itu.

"Kami turun ke lapangan, ternyata di lapangan hari ini masih ada penerbangan tadi pagi," ujar Herson saat dihubungi melalui telepon, Jumat.

Menurut Herson, penerbangan tersebut hanya ada pada Jumat pagi tadi. Setelah itu, tidak ada jadwal penerbangan penumpang lagi.

Penerbangan pagi hari tersebut, kata Herson, diberikan toleransi karena Peraturan Menteri Perhubungan No 25 tahun 2020 tentang larangan penerbangan penumpang komersial baru diterima pada hari Jumat ini juga.

Ke depan, kata Herson, tidak ada toleransi terkait operasional penerbangan komersial yang memuat penumpang. "Kami berikan toleransi untuk hari ini kepada penumpang yang mereka belum tahu. Mulai besok kami tindaklanjuti, tidak ada lagi (operasional)," kata Herson.

Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB.

Dalam menindaklanjuti kebijakan tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, kebijakan tersebut juga berlaku bagi moda transportasi udara.

“Larangan melakukan perjalanan di dalam negeri maupun ke dalam negeri, baik dengan menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi (pesawat carter) mulai 24 April sampai 1 Juni 2020,” ujar Novie, kemarin.

Halaman
123
Editor: Rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved