Breaking News:

Bicara 20 Menit, Presiden Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan telewicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, Kamis (23/4/2020).

Foto Kyodo
PM Jepang Shinzo Abe. 

POSBELITUNG.CO -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan telewicara dengan Presiden Indonesia Joko Widodo, Kamis (23/4/2020).

Adapun keduanya berbincang sekitar 20 menit pada Kamis siang, seperti dikutip dari keterangan Kedutaan Besar Jepang, Jumat (24/4/2020).

Banyak hal dibicarakan dua pimpinan negara tersebut, satu diantaranya adalah bantuan untuk Indonesia dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19.

Diketahui negara berjuluk matahari terbit itu menyalurkan bantuan melalui WHO senilai 1,5 miliar yen atau sekitar Rp 224 miliar, kepada negara berkembang yang terdampak Covid-19 termasuk Indonesia.

Berikut isi pembicaraan keduanya :

1. Pada awal pembicaraan, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jepang atas bantuan selama ini termasuk kerjasama dalam proses evakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah Covid-19.

Tri Rismaharini Terapkan PSBB di Surabaya Mulai 28 April 2020, Ini Aturan yang akan Diterapkan

Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Abe menyampaikan rasa bela sungkawa atas wafatnya almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo. Selain itu, Perdana Menteri Abe juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo karena rakyat Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sedang bersatu memerangi wabah Covid-19.

2. Selanjutnya Perdana Menteri Abe menjelaskan upaya-upaya yang diambil Pemerintah Jepang untuk mengatasi wabah Covid-19 serta mengatakan bahwa Pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional termasuk WHO dan UNICEF.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih.

3. Dalam kesempatan ini, Perdana Menteri Abe juga meminta kerjasama Presiden Joko Widodo untuk memastikan keamanan dan perlindungan warga negara Jepang yang berdomisili di Indonesia serta stabilitas operasional perusahaan Jepang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved