Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Gubernur Bangka Belitung Pantau Rapid Test Biarawan Keuskupan Pangkalpinang

Gubernur Babel Erzaldi Rosman menghadiri rapid test para biarawati di Keuskupan Pangkalpinang, pada Senin (27/4/2020) siang.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Ardhina Trisila Sakti
IST/Kominfo
Gubernur Babel Erzaldi Rosman, menghadiri rapid tes para biarawati di Keuskupan Pangkalpinang, pada Senin (27/4/2020) siang. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Gubernur Babel Erzaldi Rosman menghadiri rapid test para biarawati di Keuskupan Pangkalpinang, pada Senin (27/4/2020) siang.

Sebanyak 15 biarawan/biarawati yang bertugas di Keuskupan dilakukan pengetesan dengan metode rapid test, oleh petugas yang menggunakan APD lengkap dari Dinas Kesehatan Provinsi Babel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan ini pemeriksaan rapid test ini terjadwal.

Sebelumnya ada kesepakatan antara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Babel untuk memeriksa para ulama termasuk biarawati dan pemuka agama lainya.

"Kami bersama Kapolda berdasarkan hasil rapat FKUB menjadwalkan para Ulama, Pastor, Pendeta, pendeta Hindu dan Budha, semua pemuka agama untuk melakukan rapid test. Kenapa dilakukan tes? Karena pemuka agama ini terus kontak dengan masyarakat sehingga harus dijaga dan yakini kesehatan mereka"jelas Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kepada bangkapos.com, Senin (27/4/2020).

Dari hasil pemeriksaan ini nantinya apabila ditemukan reaktif, maka akan kembali dites dengan menggunakan swab untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

"Apabila hasil rapid test memang reaktif baru kita swab. Ini usaha kita terus mencegah penyebaran virus covid-19, karena kita dalam upaya penanganan Covid-19"ujarnya.

Sebanyak 15 orang dilakukan rapid test, selain itu sisanya juga dilakukan tes di Klinik Pratama Dinas Kesehatan Pemprov Babel.

"Keuskupan ada 15 (orang), di klinik Kesehatan 25 (orang), klinik tetap jalan, satuan Gugus Tugas ke Pemali juga melakukan tracing, baik keluarga dan orang kontak dengan pasien positif. Jadi kami butuh informasi cepat dari kawan-kawan, bila ada yang positif kita melakukan tracing sehingga menimalisir penyebaran ini sekecil-kecilnya,"ujarnya.

Pada tes tersebut belum disampaikan hasil rapid test, sampel terlebih dahulu dibawa ke Laboratorium Kesehatan Dinkes Babel.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved