Breaking News:

PSBB Berhasil Mengerem Laju Kasus Covid-19, Ini Kata Wali Kota Tangerang

Meski secara akumulatif kasus PDP bertambah, angka pertumbuhan dinilai sudah mengarah pada penurunan kasus.

tribunnnews
Ilustrasi virus corona. 

POSBELITUNG.CO, TANGERANG - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Tangerang telah berhasil mengerem laju pertambahan kasus Covid-19 di wilayah itu.

"Yang kami lihat pertumbuhannya, kalau kami lihat PSBB ini pertumbuhannya kan yang ODP (orang dalam pemantauan) sudah turun jauh ke bawah," kata Arief saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Arief mengatakan, penurunan juga terlihat dari pertumbuhan kasus pasien dalam pengawasan ( PDP). Sebelum PSBB, kasus PDP pernah mencatat angka 139 per hari. "Sekarang angkanya itu di 23, 43, 51 (per hari), jadi sudah mulai stabil turun," kata dia.

Arief menyebutkan, penambahan kasus PDP tertinggi selama PSBB tercatat di angka 51 kasus, yaitu pada 22 April 2020. Meski secara akumulatif kasus PDP bertambah, angka pertumbuhan dinilai sudah mengarah pada penurunan kasus.

Arief juga menilai grafik pertumbuhan kasus positif Covid-19 mulai landai. "Kita sudah di puncak, mudah-mudahan turun terus ke bawah," kata dia.

Dalam grafik yang diperlihatkan Arief, tercatat pertumbuhan pasien positif selama PSBB di Kota Tangerang hampir sama dengan sebelum PSBB. Puncak jumlah kenaikan pasien positif per hari sebanyak 9 kasus dan terendah 1 pasien per hari di hari, yaitu pada hari ke 9 PSBB. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota Tangerang Klaim, PSBB Berhasil Mengerem Laju Kasus Covid-19"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved