Peluncuran Toyota Fortuner Facelift Tertunda Karena Pandemi Corona

Toyota di Thailand kabarnya tengah menyiapkan produksi Fortuner, namun karena pandemi, peluncuran pun harus ditunda.

kompas.com
Hasil olah digital Toyota Fortuner facelift. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Rumors terkait peluncuran Toyota Fortuner facelift makin menguat. Terutama setelah beberapa foto spyshot muncul di beberapa situs berita luar negeri.

Kabar ini memang tidak begitu mengejutkan, pasalnya SUV medium dengan ladder frame ini memang sudah memasuki siklus penyegaran tiap 3 tahun.

Seperti diketahui, sejak meluncur pertama kali pada 2005, Fortuner langsung mendapatkan ubahan dengan meluncurnya model baru di 2008.

Kemudian 3 tahun setelahnya, Toyota kembali menyegarkan Fortuner dengan ubahan minor pada 2011. Lantas pada 2016, Toyota mulai menghadirkan generasi kedua dari Fortuner. Kini berselang 4 tahun, rasanya sudah sepatutnya model baru dari SUV ini segera hadir.

Apalagi Toyota di Thailand kabarnya tengah menyiapkan produksi Fortuner, namun karena pandemi, peluncuran pun harus ditunda. Dilansir dari Autoindustriya, Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) dan Toyota Motor Thailand yang menjadi basis produksi Fortuner, kabarnya harus memperpanjang masa penghentian produksi karena dampak Covid-19.

Untuk diketahui, Toyota memiliki tiga pabrik di Thailand. Pertama pabrik Gateway yang memproduksi kendaraan penumpang seperti Yaris, Vios, Corolla, Camry, dan lain-lain.

Kemudian pabrik Samrong dan Bang Pho yang memproduksi kendaraan dengan basis ladder frame seperti Hilux dan Fortuner. Laporan tersebut juga menyebutkan, produksi model baru Fortuner harusnya dimulai pada Mei 2020, namun harus ditunda sampai Juni mendatang.

Fortuner juga diproduksi di Indonesia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik Karawang I, Jawa Barat. Indonesia juga basis ekspor untuk SUV ladder frame ini ke sejumlah negara di dunia.

Selain Fortuner facelift, pabrik tersebut juga akan memproduksi model baru Hilux. Pikap kabin ganda ini diberi kode produksi 645B. Sementara Fortuner tidak disebutkan lebih rinci, tapi diprediksi mengusung kode serupa.

Apalagi keduanya dirakit di pabrik yang sama, dan dibangun menggunakan basis konstruksi sasis IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang lazim dipakai model SUV, pikap, dan mobil penumpang Toyota. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tertunda Corona, Ini Perkembangan Kabar Toyota Fortuner Facelift"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved