Breaking News:

105 Jamaah Tabligh Terkonfirmasi Terpapar Positif Covid-19 di Luar Negeri, 30 di Pakistan & 75 India

Sebanyak 105 Jamaah Tabligh(JT) warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri terkonfirmasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Penulis: tidakada008 | Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Tangkapan Layar Telekonferensi ICGC
Menteri luar negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi 

POSBELITUNG.CO -- Sebanyak 105 Jamaah Tabligh (JT) warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri terkonfirmasi positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Adapun jamaah Tabligh Indonesia tersebut tersebar di dua negera, yaitu di Pakistan dan India.

“30 WNI Jamaah Tabligh di Pakistan dinyatakan positif, 18 diantaranya telah sembuh. 75 Jamaah Tabligh WNI di India positif mengidap Covid-19, 44 diantaranya telah dinyatakan sembuh,” ujar Menlu, Retno Marsudi dalam konferensi pers daring, Rabu (29/4/2020).

Kementerian luar negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) mencatat sekiranya ada 1148 Jamaah Tabligh WNI yang tersebuar di 13 negara, dimana 1047 lainnya dinyatakan sehat atau belum ada informasi yang menyatakan terpapar Covid-19. 

Ini Alasan Pihak Istana Mengapa Presiden Joko Widodo Turun Langsung Bagikan Sembako Pada Warga

Namun, beberapa di antara jamaah tabligh sudah kembali ke Indonesia yaitu 8 orang dari Maroko sudah kembali tanggal 26 April lalu, 6 orang dari Thailand sudah kembali tanggal 20 April, 5 orang dari Yordania telah kembali 21 April.

Saat ini, Kemlu RI mencatat jumlah jamaah Tabligh WNI yang masih berada di luar negeri yaitu sekiranya 1.129 orang.

Menlu Retno menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi yang satu diantara pembicaraannya terkait WNI Jamaah Tabligh yang berada di India.

Perwakilan Indonesia di India juga secara aktif memantau dari dekat dan berkoordinasi dengan otoritas India maupun perwakilan JT Indonesia mengenai keselamatan dan keamanan Jamaah Tablighasal Indonesia.

Mahfud MD Jelaskan Soal Salat Tarawih hingga Sebut Pemerintah Dinamis dalam Menangani Covid-19

Salah satunya memberikan pendampingan hukum dan kekonsuleran terutama bagi mereka yang saat ini tengah menghadapi masalah hukum.

“Untuk menindaklanjuti pembicaraan kedua pemimpin tersebut, sebagaimana yang telah saya sampaikan sebelumnya, saya terus melakukan komunikasi dengan menteri luar negeri India,” ujar Menlu.

(*/ Larasati Dyah Utami)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul 105 Jamaah Tabligh di Luar Negeri Terkonfirmasi Positif Covid-19

Waktu Salat di Belitung, Beltim, Sungailiat, Pangkalpinang Serta Lokasi Masjid, Kamis 29 April 2020

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved