Breaking News:

Berita Belitung

Warga Belitung Mayoritas Bekerja Sebagai Buruh Harian Lepas

Dari 87 jenis pekerjaan, mayoritas masyarakat Belitung bekerja sebagai buruh harian lepas.

Dokumentasi Pos Belitung
Ilustrasi - Sejumlah ibu-ibu juga sebagai pekerja/buruh Harian Borongan (BHB) di PT Bumi Permai Lestari (BPL), ikut aksi mogok kerjan meskipun harus membawa (menggendong) balitanya, Senin (10/8/2015) di Kantor Pusat PT BPL di Bukit Perak Estate (BPL) di Desa Dendang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ada puluhan pekerjaan sekarang ini geluti oleh warga di Kabupaten Belitung. Dari mulai buruh harian lepas hingga pekerjaan Bupati Belitung.

Namun dari 87 jenis pekerjaan tersebut, mayoritas masyarakat Belitung bekerja sebagai buruh harian lepas.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung mencatat untuk pekerjaan paling banyak di geluti oleh masyarakat yaitu sebagai buruh harian lepas.

Tercatat ada 18.934 orang kini berprofesi sebagai buruh harian lepas itu.

"Iya yang paling bekerja sebagai buruh harian lepas. Itu lelaki saja sudah 18.435 orang, perempuan nya 499 orang. Tapi yang pasti betul-betul banyak, mengurus rumah tangga, itu 45.197 orang, itu laki-laki ada tiga orang sisa nya perempuan," ungkap Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung Robert Harizon kepada posbelitung.co, Jumat (1/5/2020).

Namun untuk masyarakat Belitung yang berstatus belum bekerja di Kartu Tanda Penduduk (KTP) yaitu sebanyak 35.246 orang. Untuk lelaki nya sebanyak 18.362 orang dan perempuan nya 16.884 orang.

"Kalau pekerja swasta itu ada 10.176 orang, wartawan juga ada 31 orang, kalau pak Bupati dan Wakil Bupati Belitung tetap satu orang satu orang," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved