Berita Belitung

Antisipasi Kenaikan Harga Daging Sapi, Ini Strategi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, sudah mempersiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi kenaikan harga daging

Pos Belitung/Disa Aryandi
Tumpukan daging sapi yang ada dilapak pasar Tanjungpandan, Belitung 

POSBELITUNG.CO,BANGKA--Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, sudah mempersiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi kenaikan harga daging sapi di Kabupaten Belitung menjelang Idul Fitri 2020.

Rencana di hari ke 10 bulan Ramadan ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut akan mengirimkan sapi potong, disebut sapi BX.

Sapi ini akan dikirimkan dari Bangka ke Belitung. Pengiriman sapi ini, menggunakan mobil truk dan dibagian bak sapi tersebut akan ditutup terpal.

"Harga sapi ini, harga sapi pemerintah, dan ini nanti akan langsung dibawa ke rumah potong untuk kemudian dipasarkan kepada masyarakat," jelas Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Suparman kepada Posbelitung.co, sabtu (2/5/2020).

Apabila stok daging sapi sudah cukup dan tersedia, berkemungkinan harga daging sapi tidak akan mengalami kenaikan.

Untuk itu, sapi BX tersebut sebagai bentuk penyeimbang, agar harga daging sapi di pasar tidak mengalami kenaikan.

"Jadi ini untuk menyeimbangi dan mulai dari 10 hari bulan puasa, akan terus masuk ke Belitung, hingga nanti mendekati Idul Fitri. Soalnya seperti yang sudah- sudah, kalau bulan puasa hingga lebaran itu, kebutuhan sapi antar 250 sampai 300 ekor. Kalau hari normal biasa, kebutuhannya hanya 100 ekor sebulan," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved