Pamukkale, Kolam Air Panas di Turki Tempat Berendam Para Raja Yunani Kuno

Pamukkale terkenal dengan kolam yang berwarna putih yang kaya dengan mineral yang baik untuk tubuh karena sudah terbentuk sejak ribuan tahun.

Pos Belitung/Novita
Caption : Traventine di Pamukkale, Turki. Foto diambil Selasa (9/5/2017). Pos Belitung/Novita 

POSBELITUNG.CO - Di daerah Denzili, Turki terdapat satu tempat unik dan menakjubkan yang digunakan berendam para raja Yunani kuno pada masa abad ke 2 SM yang bernama Pamukkale.

Bila diterjemahkan, kata Pamukkale berasal dari bahasa Turki yang memiliki arti "kastil kapas,"

Karena keunikannya dan keindahannya, serta keberadaannya yang sudah ada sejak masa Romawi Hierapolis, Pamukkale ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1988.

Pamukkale terkenal dengan kolam yang berwarna putih yang kaya dengan mineral yang baik untuk tubuh karena sudah terbentuk sejak ribuan tahun.

Awalnya, Pamukkale terbentuk pada akhir abad ke 2 SM karena gempa ribuan tahun yang lalu yang menyebabkan retakan-retakan pada tanah dan menjadi  tempat berendam para raja Yunani kuno.

Dari retakan-retakan itulah muncul air panas yang berasal dari puncak gunung yang berkisar sekitar 38 derajat celsius.

Mata air panas yang mengandung kalsium karbonat keluar dan menguap sehingga membentuk lapisan-lapisan kapur.

Apabila dilihat dari kejauhan, lapisan kapur itu tampak seperti es yang berwarna putih, tak sedikit yang mengatakan bahwa Pamukkale ini mirip istana kapas.

Tidak hanya memiliki pemandangan yang menawan, banyak wisatawan yang berkunjung memanfaatkannya sebagai tempat untuk berendam.

Kompleks air panas ini memiliki panjang 2.700 meter dan lebar 600 meter dengan 17 sumber air panas yang bergabung menjadi satu.

Saat musim dingin, air di Pamukkale tidak membeku dan masih terasa hangat.

Kolam air panas Pamukkale memiliki kandungan mineral yang tinggi, dan mampu mengobati banyak penyakit, misalnya rematik, kulit, dan kelelahan syaraf.

Warna putih pada kolam terbentuk dari konsentrasi kalsium karbonat yang tinggi dalam air kolam Pamukkale yang membuat kulit tetap aman berada di dalam kolam.

Meski ada banyak kolam yang tersedia di sana, ada beberapa di antaranya yang tak boleh digunakan, jadi sebelum mencoba hangatnya Pamukkale, pastikan untuk bertanya terlebih dahulu pada pemandumu. (TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul : Fakta Unik Pamukkale, Kolam Air Panas di Turki Tempat Berendam Para Raja Yunani Kuno

Editor: Novita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved