Breaking News:

TAJUK RENCANA

Kita Mulai Kehabisan Energi Melawan Covid-19

Kecemasan yang awalnya meningkat seiring dengan bertambahnya kasus covid-19, berhenti pada titik tertentu dan kemudian turun dan akan hilang

Kita Mulai Kehabisan Energi Melawan Covid-19
pos belitung
Ibnu Taufik Jr / Pimred Bangka Pos Grup

SEPERTI sudah jadi rutinitas setiap hari, Selasa (05-05/2020) juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto kembali tampil di depan publik.

Seperti biasa pula, dengan gayanya yang khas, ia menunjukkan angka-angka dan kemudian diikuti dengan narasi yang juga nyaris seragam setiap harinya.

Seperti apa yang disampaikan pada kesempatan-kesempatan yang lalu, kali inipun ia menyebutkan masih ditemukan kasus baru covid-19. Dan ia menyebut kasus baru tersebut berjumlah 484 kasus.

Seperti sudah dipola, usai menyebut penambahan jumlah kasus, ia pun kemudian mengakumulasikan totalnya. Dan ia menyebut, dengan penambahan kasus baru, total tercatat ada 12.071 kasus covid-19 di tanah air.

Template penjelasannya belum berubah, ia kemudian menjelaskan penambahan kasus tersebut terjadi di mana saja. Bisa dipastikan, setelah selesai dengan angka-angka, penjelasan dilanjutkan apa yang disebut dengan dengan protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Khusus soal protokol kesehatan ini, memang ada yang berbeda jika disimak dari awal munculnya kasus dan saat ini. Namun setelah kebijakan penerapan wajib masker dan isu PSBB di sejumlah wilayah, nyaris narasi yang disampaikan sama saja dan cenderung monoton.

Pertambahan kasus, angka terakhir dan juga protokol kesehatan yang harus dilakukan yang disampaikan berulang-ulang dan terkesan monoton inilah yang membuat penjelasan ini seperti hal yang sangat biasa.

Kita baru merasa peduli jika ada pijn poin penjelasan yang menyangkut dengan wilayah terdekat. Misal, mungkin hari ini warga Surabaya adalah orang yang lebih peduli lantaran pertumbuhan kasus yang tampak signifikan.

Kluster Sampoerna menjadi pengejut yang mengubah mindseat warga Surabaya terhadap covid-19, meski kita tak pernah tahu, apakah mindseat tersebut juga mengubah perilaku? Sementara bagi kita yang jauh, angka-angka yang disampaikan adalah sesuatu yang tak lagi penting.

Kita coba paksa untuk mengintip angka secara global, bagaimana situasi covid-19 ini. Dengan mudah kita bisa memperoleh angka yang cukup funtastis. 3.489.053 orang terkonfirmasi positif terpapar covid-19 dan tersebar di 215 negara.

Halaman
123
Penulis: Ibnu Taufik Juwariyanto
Editor: Ibnu Taufik Juwariyanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved