LightStrike, Si Robot yang Disebut-sebut Sanggup Basmi Virus Corona dalam Dua Menit

LightStrike bisa memvariasikan pancaran gelombang UVC karena tiap patogen rentan terhadap panjang gelombang yang berbeda.

Mark Humphries/Xenex
Robot ini diklaim bisa membunuh virus Covid-19 dalam dua menit menggunakan sinar UVC. 

Robot Ini Sanggup Basmi Virus Corona dalam Dua Menit

POSBELITUNG.CO -- Sebuah perusahaan asal Texas, Amerika Serikat ( AS ), Xenex Disinfection Services, baru-baru ini mengumumkan bahwa sebuah robot buatannya telah teruji mampu membasmi virus corona dalam waktu dua menit.

Sesuai dengan julukannya, robot bernama LightStrike tersebut memancarkan sinar UVC dengan intensitas tinggi untuk membunuh virus.

Adapun UVC memiliki spektrum lebih tinggi dari sinar Ultraviolet biasa.

Memiliki panjang gelombang 200 hingga 315 nanometer.

"Xenex memvalidasi efektivitas robot disinfeksi LightStrike terhadap virus SARS CoV-2 di laboratorium biosafety level 4 (BSL-4) di Texas Biomedical Research Institute," tulis Xenex dalam sebuah posting blog.

Polisi Ancam Ferdian Paleka Jika Tak Segera Menyerahkan Diri, Akan Dilakukan Tindakan ini

Pancaran sinar UVC dalam beberapa menit akan membunuh patogen, termasuk bakteri, virus, dan spora jamur di permukaan benda-benda di sebuah ruangan.

LightStrike bisa memvariasikan pancaran gelombang UVC karena tiap patogen rentan terhadap panjang gelombang yang berbeda.

Robot LightStrike tengah beraksi membasmi virus dan bakteri di dalam sebuah ruangan. (Xenex)
Robot LightStrike tengah beraksi membasmi virus dan bakteri di dalam sebuah ruangan. (Xenex)

Karena itu, alat disinfeksi yang mengandalkan sinar UVC seperti robot LightStrike ini belakangan mulai dilirik sebagai solusi untuk membasmi virus corona dari ruang publik maupun alat medis seperti masker N95.

LightStrike dilaporkan mampu melakukan disinfeksi virus corona hingga 99,99 persen di masker N95 sehingga mengurangi risiko pemakaian ulang alat medis ini di tengah kelangkaannya.

Halaman
12
Penulis: tidakada007
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved