Sepakat Beribadah dari Rumah, MUI Belitung Timur Cabut Pernyataan Sikapnya (VIDEO)

MUI Belitung Timur mencabut pernyataan sikapnya yang membolehkan masyarakat beribadah secara berjamaah.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Belitung Timur mencabut pernyataan sikapnya yang membolehkan masyarakat beribadah secara berjamaah.

Pernyataan ini dikatakan oleh Ketua MUI Beltim Suyatno Taslim setelah melakukan rapat koordinasi dengan forkopimda Beltim, termasuk Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Bupati Beltim Yuslih Ihza.

Dalam rapat koordinasi tersebut dicapai beberapa kesepakatan, satu di antaranya tetap menyerukan kepada masyarakat agar beribadah dari rumah sesuai Surat Edaran Menteri Agama nomor 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri.

"Otomatis kami mencabutnya setelah adanya surat kesepakatan ini. Dari awal sebenarnya pernyataan sikap tersebut memang untuk Ketua GTPPC namun entah kenapa bisa menyebar ke masyarakat," jelas Suyatno saat konferensi pers bersama Bupati Yuslih di Media Center Covid-19, Kamis (7/5/2020).

Sementara itu, Bupati Yuslih menegaskan karena pernyataan sikap MUI tersebut telah menyebar ke masyarakat dan menyebabkan beberapa tempat ibadah mulai menyelenggarakan ibadah jamaah, forkopimda bersama MUI, FKUB, DMI, dan ormas Islam lainnya akan menyosialisasikan lagi mengenai pelaksanaan ibadah sesuai protokol pencegahan covid-19.

Ia berharap masyarakat paham dan ikut mendukung kesepakatan bersama ini agar Belitung Timur tetap dalam zona hijau. Sampai hari ini, hanya Belitung Timur yang merupakan zona hijau dari seluruh kabupaten dan kota se-Bangka Belitung.

"Karena itu lah, mari sama-sama kita cegah agar pandemi virus corona ini tidak masuk ke Belitung Timur. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah lewat GTPPC sehingga hasil ini harus kita jaga bersama," ajak Yuslih.

Rapat koordinasi antara forkopimda ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Fezzi Uktolseja, Kapolres AKBP Jojo Sutarjo, Kajari Abdur Kadir, Kakan Kemenag Beltim Senaidi, dan Ketua DMI Mukhtaruddin Malik.
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved