Berita Belitung

Dinas Perikanan Belitung Terbitkan Imbauan Nelayan Tidak Bawa Penumpang

Dinas Perikanan Belitung menerbitkan surat imbauan kepada seluruh nahkoda dan pemilik kapal untuk tidak mengangkut penumpang bagi kapal nelayan.

posbelitung.co/dede
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Perikanan Belitung menerbitkan surat imbauan kepada seluruh nahkoda dan pemilik kapal untuk tidak mengangkut penumpang bagi kapal nelayan.

Surat yang diterbitkan pada Selasa (12/5/2020) itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung.

Mengingat sebagai wilayah kepulauan, jalur laut menjadi akses masuk selain jalur udara.

"Kalau udara sudah jelas jalur masuknya hanya bandara tapi kalau laut ini luas sehingga berpeluang masuknya penumpang. Jadi imbauan ini kami tujukan bagi kapal nelayan dan juga kapal pengangkut hasil perikanan agar tidak membawa penumpang," ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri, Rabu (13/5/2020).

Selain itu, lanjutnya, latar belakang diterbitkannya edaran tersebut berkaca dari dua kejadian sebelumnya, dimana kapal nelayan membawa penumpanh dari Kalimantan Barat.

Lalu, kapal sewa dari Pulau Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan yang membawa penumpang.

"Jangan sampai kita kecolongan, karena dampaknya nanti ke Belitung juga. Kalau kapal pengangkut sumber daya itu dari awal sudah kami ingatkan secara lisan," katanya.

Namun, berbicara pengawasan khususnya di pulau-pulau kecil bukan lagi ranah pemerintah kabupaten tetapi provinsi.

Oleh sebab itu, imbauan hanya ditujukan kepada nelayan yang menjadi binaan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung.

Dalam surat imbauan tersebut, Dinas Perikanan menekankan tiga poin, diantaranya meminta seluruh nelayan, kapal pengangkut perikanan dan pemilik kapal tidak membawa penumpang dalam setiap aktifitasnya.

Setiap kedatangan maupun keberangkatan, nelayan diminta melapor kepada syahbandar atau petugas terdekat dari pelabuhan setempat.

Kemudian, nelayan juga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah pusat maupun kabupaten. (posbelitung.co/dede.s)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved