Breaking News:

Berita Belitung

Dinkes Kabupaten Belitung Masih Temukan Produk Kadaluarsa saat Pengawasan Makanan

Selain melakukan pengawasan di pedagang takjil, mereka juga mengawasi di tujuh swalayan di Tanjungpandan.

IST/Dok Dinkes
Dinas Kesehatan saat melakukan pengawasan di sekitar Tanjungpandan beberapa waktu lalu 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mengawasi sejumlah lapak penjual takjil hingga swalayan di tahap satu atau diawal puasa.

Pengawasan tersebut dilakukan agar memastikan produk makanan yang beredar di masyarakat selama berpuasa tetap aman.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Lilis Suryani, Rabu (13/5/2020) mengatakan pengawasan takjil atau makanan berbuka puasa telah dilakukan di 37 lapak yang ada di semua pasar. Termasuk dari penjual takjil di Jalan Sudirman dan Jalan Sriwijaya.

Selanjutnya sebanyak 88 sampel diambil lalu diuji kandungan zat berbahaya seperti methanyl yellow, formalin, rhodamin B, Dan boraks menggunakan rapid test.

"Hasilnya semuanya negatif. Semuanya sampai saat ini aman, artinya penyuluhan yang kami sampaikan sudah dilakukan dengan baik, cuman nanti masih penggunaan masker yang belum tertib," ujarnya.

Selain melakukan pengawasan di pedagang takjil, mereka juga mengawasi di tujuh swalayan di Tanjungpandan.

"Dari tujuh smartket tidak ditemukan barang yang mengandung bahan berbahaya, tapi barang kadaluarsa masih ada, dan sudah kami tindaklanjuti," jelas dia.

Barang kadaluarsa tersebut langsung disita. Bahkan pihaknya telah menarik produk yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Lalu meminta pelaku usaha agar segera mencantumkan tanggal kadaluarsa.

Lilis mengatakan, setelah menyelesaikan pengawasan tahap pertama, akan dilanjutkan pada pengawasan makanan tahap kedua atau dua pekan menjelang hari raya. Mulai besok pihaknya akan melakukan pengawasan ke pedagang musiman, termasuk ke lima kecamatan di Kabupaten Belitung.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved