Direndam Nanas hingga Dibungkus Daun Pepaya, Begini Cara Membuat Daging Sapi Empuk dan Tidak Alot

Tak jarang daging sapi yang diolah malah menjadi alot dan keras. Untuk membuatnya empuk ternyata dibutuhkan beberapa cara yang mudah dilakukan.

sajiansedap.grid.id
Ilustrasi Sajian Semur Daging Kentang. 

POSBELITUNG.CO - Tak jarang daging sapi yang diolah malah menjadi alot dan keras. Untuk membuatnya empuk ternyata dibutuhkan beberapa cara yang mudah dilakukan.

Kamu bisa mengempukkan daging sapimu dengan cara memarinasinya bersama nanas, memukulnya dengan palu daging, dan masih banyak lagi.

Chef Aguk Prasetiyo dari Hotel Santika Cirebon memberi 3 cara untuk membuat tekstur daging sapi menjadi empuk dan tidak alot saat dimakan.

1. Potong daging berlawanan dari arah serat

"Kalau mau paktisnya dan punya alat yang lebih lengkap, bisa dipresto akan lebih cepat empuknya. Namun kalau tidak punya, bisa diperhatikan cara memotongannya," jelas Aguk saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Ada cara memotong daging sapi sebelum diolah agar lebih empuk, yaitu dengan memotong daging berlawanan dari arah seratnya.

“Jangan ngikut serat, kita lihat dulu seratnya kemana, kalau sudah ketemu bilang dipotong berlawanan arah seratnya,” jelas Aguk.

Terdapat informasi beredar bahwa daging harus dimasak dalam waktu yang lama agar empuk.

Namun, jangan lakukan hal tersebut. Semakin lama dimasak, sari daging dan rasa gurih khas daging akan hilang.

Kalau ingin merebus daging agar lebih empuk maksimal 45 menit.

Halaman
12
Editor: Novita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved