Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Pedagang Musiman Jelang Lebaran Mulai Berjualan, Akui Kurangi Barang Dagangan Akibat Pandemi

Berdasarkan pantauan Posbelitung.co di Jalan RE Martadinata, memang tampak pedagang musiman yang telah berjualan.

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Suasana di Jalan RE Martadinata yang tampak pedagang musiman yang mulai berjualan, Rabu (13/5/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Di pasar Tanjungpandan, tepatnya mulai di kawasan Gang Kim Ting dan Jalan RE Martadinata, Rabu (13/5/2020) sudah mulai tampak lapak-lapak pedagang musiman.

Pedagang tersebut menjual berbagai keperluan hari raya, seperti aneka makanan ringan dan kue kering, toples, alat pembuat kue, dan keperluan lainnya.

Rata-rata pedagang tersebut mulai berjualan dari Senin (11/5/2020).

Seperti yang dilakukan Otong, penjual makanan ringan dan kue hari raya. Meski telah berjualan beberapa hari terakhir, ia mengaku saat ini masih sepi pembeli.

"Mungkin karena Covid-19 ini lah. Kalau tahun-tahun sebelumnya dari awal buka itu lah ramai. Puncaknya memang H-7 lebaran lah ramai-ramainya,"kata dia.

Hal senada juga disampaikan penjual toples Untung. Pria yang rutin berjualan musiman menjelang lebaran ini mengatakan tahun ini jualannya memang dikurangi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun-tahun sebelumnya lebih banyak dari ini, ambil barang bisa tiga kali lipat. Omzet belanja sampai Rp 100 juta, kalau ini saya kurangi, karena kalau tidak terjual kan harus tanggung risiko sendiri," ujar dia.

Menurutnya jualan tahun ini memang sengaja dikurangi akibat pandemi yang kini terjadi.

Apalagi sejak beberapa pekan lalu banyak pekerja yang dirumahkan sehingga tentu akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Kalau sekarang kan banyak orang dari kampung-kampung takut belanja, sedangkan kalau orang-orang kota kan banyak belanja ke swalayan," jelasnya.

Pedagang cetakan kue Roni juga mengutarakan hal serupa. Katanya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sejak awal buka hingga hari ini, pembeli memang berkurang.

Berdasarkan pantauan Posbelitung.co di Jalan RE Martadinata, memang tampak pedagang musiman yang telah berjualan.

Meski masih ada beberapa lapak yang belum dibuka. Para pedagang juga tampak telah menyediakan sabun cuci tangan dan air mengalir yang bisa digunakan pembeli saat berbelanja.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved