Berita Belitung Timur

Bawaslu Belitung Timur Bilang Tidak Etis Jika Bantuan Covid-19 Jadi Alat Politik, Tetap Akan Diawasi

Bawaslu mengingatkan bahwa tidak etis jika bantuan sosial atau kemanusiaan dalam masa pandemi virus corona ini dijadikan sebagai alat politik.

Posbelitung.co/Suharli
Komisioner Bawaslu Beltim, Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Ihsan Jaya 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Belitung Timur mengingatkan bahwa tidak etis jika bantuan sosial atau kemanusiaan dalam masa pandemi virus corona ini dijadikan alat politik seseorang atau kelompok.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Beltim Ihsan Jaya mengatakan bantuan-bantuan tersebut sepantasnya diberikan kepada masyarakat tanpa tujuan terselubung.

"Kalau bicara etis bukan soal salah dan benar tapi lebih kepada etika dalam membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Ihsan kepada posbelitung.co, Kamis (14/5/2020) saat ditemui di kantornya.

Ia menjelaskan walaupun saat ini belum masuk dalam tahap kampanye yang bisa dimasukkan dalam pengawasan pilkada, setiap pergerakan dari politisi atau parpol tetap dipantau oleh Bawaslu Beltim.

"Kami bukan dalam upaya mencurigai niat baik para dermawan. Tapi kami akan tetap mengawasi jangan sampai ada yang mempolitisasi bantuan sosial disaat ada masalah global seperti sekarang ini," jelas Ihsan.

Tahun ini, lanjutnya, merupakan tahun politik meskipun pelaksanaan Pilkada ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Karena itu dalam waktu ini sangat rentan disusupi aksi-aksi mempromosikan suatu individu atau kelompok.

"Kita lihat beberapa daerah seperti itu. Bantuan sosial ditempeli stiker-stiker calon yang akan ikut dalam kontestasi Pilkada. Hal ini yang kami inginkan jangan terjadi di Belitung Timur," harap Ihsan.

Lebih dari itu, Ihsan juga mengingatkan pihaknya juga tetap mengawasi dari media sosial. Karena menurutnya media sosial bisa jadi alat mempengaruhi masyarakat.

Ihsan meminta partisipasi dan kontribusi masyarakat agar aktif juga mengawasi penyaluran bantuan ini apakah murni bantuan atau ada maksud lain yang ingin memanfaatkan kesusahan masyarakat.

"Kami juga berharap pandemi ini segera berakhir agar kesusahan masyarakat bisa berkurang," ujar Ihsan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved