Virus Corona di Belitung

500 Alat Uji Cepat Covid-19 Diterima dari Gugus Tugas Provinsi, 150 untuk Pedagang Pasar

Sebanyak 500 alat uji cepat (rapid test) diterima dari gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung Sahani Saleh bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Agus Sulistiadi memeriksa pedagang yang telah melakukan uji cepat di posko Kelenteng Hok Tek Che, Sabtu (16/5/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 500 alat uji cepat (rapid test) diterima dari gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Agus Sulistiadi sebanyak 100 alat uji cepat ditargetkan bisa digunakan buat pedagang pasar yang melakukan pemeriksaan pada Sabtu (16/5/2020).

Dari dua posko pengujian yang disediakan yakni di Jalan RE Martadinata dan halaman Kelenteng Hok Tek Che, masing-masing posko bisa untuk masing-masing 50 pedagang.

"Nanti akan ada 50 khusus untuk pedagang daging dan ayam, jadi 150 untuk pedagang," katanya.

Selebihnya alat uji cepat tersebut akan dibagi dengan RS Marsidi Judono dan Puskesmas Badau untuk memeriksa penumpang dari Tanjung Ru.

Agus menjelaskan pemeriksaan menggunakan alat uji cepat tersebut dilakukan seperti periksa golongan darah. Hanya perlu diambil sedikit darah dari jari yang dimasukkan ke alat uji. Dalam waktu sekitar lima menit hasilnya bisa diketahui reaktif atau non reaktif.

"Kalau reaktif tindakan diambil diisolasi di rumah sakit dan tes swab yang dikirim ke Jakarta," jelasnya.

(Posbelitung.co/ Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved