Breaking News:

Presiden Donald Trump Pecat Inspektur Jenderal AS yang Menyelidiki Menlu Mike Pompeo

Donald Trump Pecat Inspektur Jenderal AS yang Selidiki Menlu Mike Pompeo

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
MANDEL NGAN / AFP
Presiden AS Donald Trump berbicara saat pengarahan harian tentang virus corona di Brady Briefing Room di Gedung Putih Washington, DC. pada 23 April 2020 

POSBELITUNG.CO -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat pengawas pemerintah yang sedang menyelidiki Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo.

Adapun kabar itu dilaporkan oleh seorang anggota parlemen Demokrat yang menuduh Trump melakukan tindakan yang berpotensi ilegal.

Dilansir media Perancis AFP, Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi adanya pemberhentian tugas Inspektur Jenderal Steve Linick pada Jumat malam tanpa memberikan alasan mengapa dia dipecat.

Eliot Engel, yang mengepalai Dewan Komite Urusan Luar Negeri, mengatakan dia mengetahui bahwa Linick telah melakukan penyelidikan terhadap Pompeo.

"Pemecatan terhadap Linick di tengah penyelidikan semacam itu sangat menunjukkan bahwa ini adalah tindakan pembalasan yang melanggar hukum," kata anggota kongres itu dalam sebuah pernyataan.

Sekretaris Incess Tak Tinggal Diam Syahrini Diterpa Isu Ayah Angkat: Duga Ada Pihak yang Adu Domba

Seorang asisten kongres Demokrat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa Linick sedang menyelidiki adanya keluhan bahwa Pompeo telah menyalahgunakan seorang pejabat politik untuk melakukan tugas-tugas pribadi untuk dirinya dan istrinya.

Diplomat terkemuka Washington itu telah membuat orang curiga karena sering bepergian keliling dunia dengan pesawat dinas bersama istrinya Susan Pompeo, yang tidak memiliki peran resmi.

Juru bicara Nancy Pelosi mengatakan Linick "dihukum karena melakukan tugasnya dengan terhormat untuk melindungi Konstitusi dan keamanan nasional kita."

"Presiden harus menghentikan pola pembalasannya terhadap para pelayan publik yang bekerja untuk menjaga keamanan warga Amerika, khususnya selama masa darurat global ini," kata Pelosi.

Linick, seorang jaksa penuntut yang telah bekerja lama, ditunjuk pada 2013 oleh Barack Obama untuk mengawasi 70 miliar dolar AS dari diplomasi raksasa AS.

Singapura Putuskan Tunda Keberangkatan Jemaah Haji sampai 2021, Indonesia Masih Tunggu 20 Mei 2020

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan inspektur jenderal yang baru (pengganti Linick) adalah Stephen Akard, mantan asisten Wakil Presiden Mike Pence dari negara bagian asalnya, Indiana.

Akard sejak tahun lalu telah menjabat sebagai kepala Kantor Misi Luar Negeri Departemen Luar Negeri, yang menangani hubungan dengan para diplomat di Amerika Serikat.

(*/ Miranti Kencana Wirawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump Pecat Inspektur Jenderal AS yang Menyelidiki Menlu Mike Pompeo" dan juga telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Donald Trump Pecat Inspektur Jenderal AS yang Selidiki Menlu Mike Pompeo

Kumpulan 5 Resep Mudah Kue Kering Khas Lebaran, Ada Nastar Keju hingga Lidah Kucing Nangka

Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved