Berita Belitung Timur

BLT Pemkab Beltim Akan di Salurkan Setelah Lebaran

Hasil pendataan di lapangan, menurut Ida, ada sekitar 4.000-an Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

posbelitung/suharli
Ilustrasi- Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat menyerahkan surat pemberitahuan dari Kemensos sebagai satu di antara syarat menerima BLT. Jumat (8/5/2020) 

POSBELITUNG.co, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, melalaui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) berencana memnyalurkan BLT dari Pemda seusai Idulfitri mendatang.

Kepala DSPMPD Kabupaten Belitung Timur, Ida Lismawati mengatakan besaran nilai BLT yang akan diberikan mengacu pada bantuan sejenis lainnya, agar tidak terjadi polemik di kemudian hari.

"Kami masih menghitung diberikan berapa, kriterianya apa. Sesuai dengan kemapuan kita. Jangan sampai kemudian ada yang tumpang tindih penerima manfaat, ujar Ida Jumat (15/5/2020).

Hasil pendataan di lapangan, menurut Ida, ada sekitar 4.000-an Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Mereka yang mendapat PKH dengan kriteria tertentu, seperti anak sekolah, ibu hamil dan sebagainya akan disamakan agar nilai bantuannya sama yakni Rp 600 ribu. Sebab ada penerima BPNT murni tanpa PKH, dapat Rp 200 ribu perbulan, kita tambah Rp 400 ribu sehingga dapatkan sama Rp 600 ribu," ujarnya.

Terkait penyediaan sosial safety net atau jaringan pengaman sosial oleh Dinas sosial, Ida menjelaskan tugas dan fungsi tidak hanya di Dinsos saja, akan tetapi ada Dinas lain juga yang dilibatkan.

"Kami hanya anggota, koordinatornya BPBD. Jadi Jaringan Pangaman Sosial oleh Dinsos hanya bantuan sosial tunai, kalau yang lain ada dari dinas lain.Pegangannya kami SK itu saja, kalau koordinatornya Dinsos mana SK-nya. Jadi sistemnya masing-masing," bebernya. (posbelitung.co/ Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved