Berita Belitung

Komunitas Pekerja Pariwisata Belitong Berbagi Kasih ke Pelaku Wisata

Kegiatan berbagi kasih pelaku wisata tahap 2 yang digelar di halaman parkir Klapa Oleh-oleh, Desa Air Saga, Tanjungpandan, Senin (18/5/2020).

IST/Dok Komunitas Pekerja Pariwisata Belitong
Pembagian bantuan yang dilakukan Komunitas Pekerja Pariwisata Belitong di halaman Klapa Oleh-oleh Desa Air Saga, Tanjungpandan, Senin (18/5/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Komunitas Pekerja Pariwisata Belitong mengadakan kegiatan  berbagi kasih pelaku wisata tahap 2 di halaman parkir Klapa Oleh-oleh, Desa Air Saga, Tanjungpandan, Senin (18/5/2020). 

Melalui kegiatan ini, komunitas pekerja pariwisata memberikan bantuan berupa lima kilogram beras dan uang tunai.

Bantuan tersebut diberikan kepada 450 pelaku wisata.

"Jadi bantuan ini kami tujukan kepada 221 orang sopir pariwisata dan 229 orang guide yang terdampak pandemi Covid-19," ujar Aktivis Pariwisata Belitung Tito Aulia Fachmi.

Menurutnya, di tengah ketidakpastian uluran bantuan pemerintah terhadap para pelaku wisata yang terimbas Covid-19, pihaknya tergerak secara swadaya mengumpulkan donasi dari para pelaku usaha di Belitung.

Seperti dari sentra oleh-oleh, restoran, toko, hotel, maupun pelaku usaha lainnya.

Bahkan sumber donasi juga ada yang berasal dari tamu wisata dari luar daerah yang bersimpati kepada pelaku wisata di Belitung.

Tito menjelaskan mekanisme pembagian bantuan juga tetap menjalankan prinsip keamanan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

"Dengan bantuan relawan dari Komunitas Sosial Belitung (KSB), seluruh penerima bantuan wajib menjalani penyemprotan sanitizer dan pengukuran suhu tubuh sebelum mengambil bantuan," katanya.

Selain itu, pelaku wisata yang datang mengambil bantuan juga diwajibkan mengenakan masker, menjaga jarak antar satu sama lain, serta tidak bergerombol di lokasi pembagian.

Sebelumnya, komunitas tersebut juga sempat melakukan kegiatan serupa yang bertajuk berbagi kasih tahap 1 yang dilaksanakan pada Selasa (21/4/2020) lalu.

Saat itu, kata dia, mereka membagikan paket kebutuhan pokok berupa lima kilogram beras, 20 bungkus mie instan, satu liter minyak goreng, dan 20 butir telur.

Pada tahap pertama, paket tersebut dibagikan kepada 431 pelaku wisata yang terdiri dari 222 orang sopir pariwisata dan 211 orang pemandu wisata.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved