Berita Belitung

Ayam Merah Mulai Ramai Dijuak di Pasar Tanjungpandan, Dijual Rp45000-Rp50000 per Ekor

Ayam merah atau biasa disebut ayam afkir saat ini sudah ramai di jual di Pasar Tanjungpandan, Belitung.

ist
Ayam merah yang ada di Pasar Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ayam merah atau biasa disebut ayam afkir saat ini sudah ramai di jual di Pasar Tanjungpandan, Belitung.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Suparman mengatakan, ayam afkir sudah dijual di Pasar Tradisional sejak tiga hari belakangan di pinggir - pinggir lapak dagang Sungai Siburik.

"Ya sudah kami arahkan untuk menjual ayam merah ini, dan memang sekarang sudah ramai di pasar pedagang yang menjual ayam itu, karena untuk sekarang kondisi ayam potong, stoknya terbatas," kata Suparman kepada posbelitung.co, rabu (20/5/2020).

Satu ekor ayam tersebut dijual dengan harga antara Rp 45.000,- hingga Rp 50.000,-.

"Untuk ayam merah ini, yang siap keluar 32.500 ekor, jadi memang stok sekarang banyak sekali, dan ini memang sudah di persiapkan atau dikeluarkan, ketika hendak mendekati Idul Fitri," jelasnya.

Menurut Suparman, kondisi ayam broiler atau ayam potong sekarang ini dalam kondisi stok terbatas. Itu di akibatkan, lantaran Dail Old Chick (DOC) atau ayam umur sehari, sulit masuk ke Belitung, akibat terkendala penerbangan.

"Stok ini ada di perternak, hanya saja terbatas, jadi peternak ini bertahap mengeluarkan ayam nya. Nah untuk antisipasi kekurangan ayam potong, selain disediakan ayam merah pengusaha juga diberi kemudahan memasukan daging ayam beku (frozen) dari luar daerah dengan tujuan untuk pengendalian harga," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved