Virus Corona di Belitung

Empat OTG yang Diisolasi di Stadion BTP Belitung Timur Dipulangkan

Empat orang yang diisolasi di Stadion BTP Damar Belitung Timur karena berkontak erat dengan pasien OH hari ini Rabu (20/5/2020) dipulangkan

TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19. Hasil studi menyebut perokok memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi Virus Corona penyebab Covid-19. Ini penjelasannya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Empat orang yang diisolasi di Stadion BTP Damar Belitung Timur karena berkontak erat dengan pasien OH hari ini Rabu (20/5/2020) dipulangkan ke Batu Itam, Simpang Pesak oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Belitung Timur.

Sekretaris GTPPC Beltim Ikhwan Fakhrozi mengatakan pemulangan mereka ini karena alasan kemanusiaan. Menurutnya beberapa hari terakhir kondisi psikologis mereka sangat tertekan.

"Hasil dari rapat evaluasi gugus tugas akhirnya dipulangkan karena alasan kemanusiaan. Juga karena menjelang lebaran jadi akan dikembalikan ke tempat mereka masing-masing," kata Ikhwan kepada posbelitung.co, Rabu (20/5/2020).

Ia mengatakan walaupun dipulangkan, timnya sudah memastikan bahwa semuanya sesuai dengan prosedur kesehatan. Mereka sudah di rapid test dan hasilnya non reaktif, tinggal menunggu hasil swabnya saja.

"Hasil swabnya belum keluar sampai hari ini sejak dikirim Rabu (13/5/2020) lalu. Kenapa lama karena kita tahu seluruh Indonesia mengirim sampelnya ke pusat. Jadi ada ribuan yang harus diperiksa setiap harinya. Itu yang membuat hasilnya belum keluar," jelas Ikhwan.

Menurutnya pertimbangan lain pemulangan tersebut karena sudah berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa setempat bahwa mereka siap menerima empat OTG ini dan akan dipantau secara intens.

"Dari sisi kesehatannya dokter bilang kondisinya stabil selama isolasi di stadion. Mereka tidak menunjukkan gejala-gejala yang mengarah ke covid-19," kata Ikhwan.

Mereka akan isolasi mandiri sampai pengambilan swab kedua tanggal 26 Mei mendatang. Ia berharap tidak akan ada lagi yang positif covid-19 di wilayah Beltim.

"Biar bisa merayakan Idul Fitri secara aman dan nyaman," harap Ikhwan.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved