Virus Corona di Bangka Belitung

Momen Hari Raya Idul Fitri, Lapas Tanjungpandan Berikan Layanan Ini untuk Keluarga WBP

Terkait Pelaksanaan Layanan Kunjungan di Hari Raya Idul Fitri, tetap mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan

IST/dok Lapas Kelas IIB Tanjungpandan
Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sejak pandemi Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan meniadakan kunjungan dan penitipan barang maupun makanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Tidak hanya itu, sidang bagi tahanan pun digelar secara teleconference yang terkoneksi dengan PN Tanjungpandan maupun Kejari Belitung dan Belitung Timur.

Terkait Pelaksanaan Layanan Kunjungan di Hari Raya Idul Fitri, tetap mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-18.OT.02.02 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah situasi Pandemi Corona Pada Lapas/Rutan/LPKA dengan meniadakan kunjungan.

Meski begitu, pihaknya tetap menyediakan opsi layanan bagi keluarga yang hendak berkunjung ke sanak-saudaranya di dalam lapas yakni melalui layanan kunjungan Online.

"Kami akan menerapkan alternatif kunjungan menggunakan layanan media online berupa tatap muka melalui video call. Prosedur kunjungan keluarga (WBP) ini akan diberlakukan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 hijriah mendatang," ujar Kalapas Tanjungpandan Romiwin Hutasoit melalui siaran rilis, Kamis (21/5/2020).

Terkait kebijakan itu, Romiwin telah memberikan instruksi kepada para pejabat sturktural untuk meningkatkan kewaspadaan pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Oleh sebab itu, akan dibuat dibuat jadwal piket penggeledahan barang dan makanan serta mekanisme penguatan pengamanan saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Barang titipan keluarga harus diperiksa ketat dan sesuai protokol kesehatan. Koordinasi dengan Polres, Satbrimob, dan Polsek Badau sampai saat ini rutin dilaksanakan Sambang Patroli sebagai antisipasi gangguan keamanan. Hingga saat ini situasi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan berjalan aman dan kondusif," katanya.

Sementara itu, Kasi Binapi Giatja Heri menjelaskan peniadaan kunjungan tersebut sesuai kebijakan dan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Ia mengakui pada Idul Fitri tahun ini memang berbeda secara teknis dengan tahun sebelumnya, dimana layanan kunjungan dan penitipan barang makanan dubuka tanggal 24 dan 25 Mei 2020 mulai Pukul 09.00 sampai 14.00 WIB.

"Yang jelas tidak ada kontak secara langsung antara Pengunjung dan WBP. Setiap Pengunjung yang datang untuk menitipkan makanan harus menggunakan masker dan akan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum dilakukan Pemeriksaan terhadap barang yang akan dititipkan," ujar Heri didampingi Kasubsi Registrasi dan Bimkemas Endang Meidiansyah.

Lalu untuk pemberian layanan video call tersebut merupakan upaya Lapas dalam memenuhi hak dan kebutuhan WBP.

Terutama saat momentum silaturahmi Idul Fitri, meskipun tidak ada kunjungan ke dalam lapas, keluarga masih bisa memanfaatkan kebijakan ini sebagai alternatif untuk tetap menjalin silaturahmi.

"Walau bagaimanapun, WBP tetap memiliki hak dikunjungi oleh keluarganya. Apalagi di momen hari raya, tetapi dengan kondisi wabah ini, tentunya pihak Lapas juga harus memberikan rasa aman bagi WBP agar tidak tertular dan tetap sehat," ujarnya.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved