Kriminalitas

Polisi Bekuk Bandit Penganjal Mesin ATM, Bermodal Tusuk Gigi dan Korek Api Gasak Uang Nasabah Bank

Para pelaku kejahatan iini beraksi di delapan kota besar di Indonesia. Ada pun salah satu pelaku yang ditangkap ini diketahui berinisial A alias madi

TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi pelaku kejahatan. 

POSBELITUNG.CO-- Masyarakat harus lebih waspada saat akan mengambil uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Pasalnya banyak nasabah bank saat mengambil uang di ATM tidak sadar uang tabungannya terkuras.

Di mana saat ini pihak Unit Reskrim Mapolsek Padalarang berhasil membongkar jaringan kelompok pengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Para pelaku kejahatan iini  beraksi di delapan kota besar di Indonesia. Ada pun salah satu pelaku yang ditangkap ini diketahui berinisial A alias Madi. Sedangkan tiga orang lagi masih diburu petugas.

Pengungkapan ini berawal dari laporan korban yang sempat ditipu pada Minggu 22 Desember 2019 sekitar pukul 12.30 WIB.

Saat itu, korban hendak mengambil uang di ATM Niaga di Kota Baru Parahyangan, Desa Cipendeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Namun, korban kesulitan memasukkan kartu ATM lantaran sebelumnya telah diganjal pelaku B (DPO). "Sebelumnya ATM-nya diganjal," kata Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki, saat rilis di Mapolsek Padalarang, Selasa (7/1/2020).

Tersangka Madi dan H (DPO) yang berpura-pura mengantre di belakang kemudian mencoba membantu dan mengalihkan perhatian korban, sampai akhirnya dapat menukar kartu ATM korban. Sambil berpura-pura membantu, tersangka kemudian mengingat-ingat PIN ATM korban dengan menyuruhnya menekan pin berulang-ulang.

Setelah pin diketahui, berbekal ATM korban, kawanan ini kemudian pergi mencari ATM terdekat untuk menggasak uang di kartu ATM korban.

Atas perbuatannya, korban menderita kerugian sebesar Rp 800.000. Korban yang tersadar akan penipuan itu langsung melapor ke Mapolsek Padalarang.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved