Virus Corona di Belitung

RSUD H Marsidi Judono Belitung Sudah Punya Alat Uji Specimen Swab

Alat PCM tersebut memiliki kecepatan untuk mendapatkan hasil pengujian swab tenggorokan lebih cepat dari Polymerase Chain Reaction (PCR)

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Direktur RSUD Marsidi Judono dr Hendra SpAn 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, kini  sudah memiliki alat untuk melakukan pengujian swab tenggorokan pendeteksi virus corona.

Alat tersebut bernama PCM (alat seperti PCR), yang biasa dipergunakan untuk pemeriksaan HD paru, bagi pasien yang terkena Tuberculosis (TBC).

Terutama alat ini biasa dipergunakan untuk pemeriksaan TBC, dengan kategori pasien sudah resistensi obat.

Alat PCM ini terbilang sudah canggih, dan sistem pengoperasian nya sama dengan alat uji swab tenggorokan yang ada di laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Sama persis, hanya saja ini ukuran nya kecil dan yang di Jakarta besar. Tapi untuk sistem operasi nya sama persis, tidak ada beda nya sama sekali. Ini alat untuk pengujian TBC, hanya di update," kata Direktur RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra kepada posbelitung.co, Jumat (22/5/2020).

Kata Hendra, alat PCM tersebut memiliki kecepatan untuk mendapatkan hasil pengujian swab tenggorokan lebih cepat dari Polymerase Chain Reaction (PCR). Yaitu hanya membutuhkan waktu antara 45 menit hingga 60 menit saja.

"Itu sudah ada hasil nya langsung, hanya saja alat ini tidak bisa banyak seperti PCR untuk satu kali pengoperasian. Kalau PCR itu bisa satu kali pengoperasian, mencapai 1000 sampel, kalau ini sehari hanya 40 sampel bisa masuk," ucapnya.

Alat PCM untuk uji swab tenggorokan ini, lanjut dia, hanya dilakukan update yaitu menginstal kembali software yang baru.

"Jadi cuma itu saja. Ada beli cartridge yang baru, itu yang mahal nya," jelasnya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved