Breaking News:

Berita Belitung

Express Bahari Berencana Kembali Operasi, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi Penumpang

Kapal cepat Express Bahari berencana akan kembali operasional pada tanggal 1 Juni mendatang.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: nurhayati
Dok/Ivan Febrianto
Kapal Cepat Express Bahari 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Dalam rangka menjalankan program new normal Presiden Jokowi, Kapal cepat Express Bahari berencana akan kembali operasional pada tanggal 1 Juni mendatang.

Namun rencana tersebut belum dipastikan mengingat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak pelayaran maupun calon penumpang.

Diantaranya penumpang harus mengantongi surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif pada saat keberangkatan. Bahkan setibanya di pelabuhan, penumpang akan kembali menjalani proses rapid test.

"Kami masih melakukan pendataan calon penumpang melalui booking hingga 29 Mei. Apabila kuota penumpang mencukupi cost operasional maka pada tanggal 30 Mei akan diumumkan kembali," jelas Pimpinan PT Sakti Inti Makmur Cabang Belitung Ivan Febrianto kepada posbelitung.co, Kamis (28/5/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya pihak perusahaan sudah mendapat ijin melalui surat Gubernur Kepulauan Babel untuk kembali berlayar pada tanggal 18 Mei lalu.

Namun dalam surat tersebut PT Sakti Inti Makmur wajib memenuhi lima ketentuan diantaranya memenuhi surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Penerapan tingkat pengisian penumpang 50 persen dari maksimum kapasitas angkut sesuai protokoler physical distancing.

Selain itu, pihak crew atau ABK dalam kapal maupun pelabuhan wajib menyediakan dan menyiapkan pelindung sesuai SOP.

Kemudian dalam SE Gubernur Kepulauan Babel tertanggal 26 Mei, para penumpang akan kembali menjalani rapid test setibanya di pelabuhan maupun bandara.

"Intinya kami melihat perkembangan calon penumpang. Kalau tidak cukup, maka rencana operasi akan dibatalkan," ungkapnya.

Ivan menambahkan semenjak rencana pelayaran disampaikan melalui medos Express Bahari, berbagai saran dan masukan masyarakat bermunculan terutama keberatan terkait surat keterangan rapid test, sebab, jika dibandingkan biaya rapid test lebih mahal dibandingkan harga tiket kapal penyebarangan antar kabupaten itu.

Sementara itu di sisi lain, jasa pelayaran Express Bahari menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah untuk menyeberang dari Pulau Bangka menuju Belitung dan sebaliknya. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved