Breaking News:

Berita Belitung

45.000 Penduduk Belitung Telah Lakukan Sensus Penduduk Online

Data hasil sensus ini penting dilakukan sebagai perbaruan data penduduk yang ada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil)

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Hendra
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala BPS Kabupaten Belitung Agung Rachmadi, Jumat (29/5/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Sensus penduduk (SP2020) mandiri yang dilakukan secara online atau daring terakhir dilakukan hari ini, Jumat (29/5/2020).

Berdasarkan data hingga 28 Mei kemarin, sebanyak 45.863 jiwa telah berpartisipasi pada SP2020.

"Ini hari terakhir tadi masih ada yang bertanya pengisian SP2020, masih cukup banyak yang melakukan pengisian online. Targetnya sensus online ini diikuti 17 persen, ini sudah 23,70 persen," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung Agung Rachmadi.

"Artinya itu capaian yang cukup tinggi, sudah melampaui target, cuman tantangan berikutnya yang belum melakukan online, akan dilakukan pendataan secara offline atau didatangi ke rumah pada September nanti," imbuh dia.

Menurutnya, data hasil sensus ini penting dilakukan sebagai perbaruan data penduduk yang ada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil).

Jika sudah mempunyai data terbaru terkait data individu, maka akan bisa melihat kondisi terkini seperti pendidikan, pekerjaan, usia, karakteristik tertentu yang menjadi data lebih update atau terbaru.

Sehingga, data tersebut akan memudahkan ketika dibutuhkan data terkait misalnya data anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau usia produktif.

Ia menambahkan sensus penduduk ini selain penduduk yang memiliki KTP di wilayah bersangkutan atau secara de jure, maupun penduduk menetap tapi tidak memiliki KTP di tempat tersebut.

"Jadi juga bisa diketahui jumlah penduduk Belitung ber KTP Belitung atau bukan. Secara de facto dan de jure bisa diketahui," jelasnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved