Hand Sanitizer atau Tisu Antiseptik untuk Membunuh Covid-19 yang Efektif?

Cara terbaik menghindar dari infeksi virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun dan air.

Kolase Tribunstyle.com
Cuci tangan pakai hand sanitizer dan sabun. 

POSBELITUNG.CO - Hand sanitizer disebut efektif untuk membunuh virus Covid-19 ketika kita tak mendapati air mengalir dan sabun. Ya, cara terbaik menghindar dari infeksi virus corona adalah mencuci tangan dengan sabun dan air.

Hal itu kembali ditegaskan Dr. Kalisvar Marimuthu, konsultan senior untuk penyakit menular di National Center for Infectious Diseases (NCID), Singapura.

Dia menyebutkan, sabun dan air mengurangi jumlah semua jenis kuman di tangan, sehingga sering mencuci tangan adalah hal yang baik demi menjaga kebersihan tubuh.

Tetapi, jika kita tidak memiliki akses ke sabun dan air, maka hand sanitizer dengan kandungan setidaknya 60 persen alkohol adalah alternatif yang baik.

Agar efektif, kita harus menggunakan dalam jumlah yang cukup hingga membasahi seluruh permukaan tangan. Lalu, gosokkan secara merata selama kira-kira 20 detik, dan biarkan hingga kering sendiri, alih-alih mengeringkannya dengan lap.

Hand sanitizer dengan 60-95 persen alkohol membersihkan jauh lebih baik daripada varian yang menggunakan kandungan alkohol di bawah itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat juga menyebut, sabun dan air lebih baik, karena hand sanitizer -ternyata, tidak menghilangkan semua jenis kuman.

Manfaat tisu basah antiseptik kata Marimuthu adalah untuk membersihkan permukaan benda dan bukan untuk tangan. Seorang ahli virologi dari Queen Mary University of London melakukan penelitian tentang tisu basah tersebut beberapa tahun yang lalu.

Dia menemukan bahwa dalam beberapa kasus, menggunakan tisu basah sebenarnya menyebarkan kuman daripada menghilangkannya. Agar efektif, tisu membutuhkan setidaknya 40 persen alkohol, serta yang sudah mengering tak bisa dipakai, dan harus dibuang.

Cuci tangan yang benar

Halaman
12
Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved