Breaking News:

Virus Corona di Belitung

New Normal, Dandim 0414 Belitung Berharap Protokol Kesehatan Jadi Gaya Hidup

Jajaran Kodim 0414 Belitung telah menyiapkan rencana penerapan program new normal yang diusung pemerintah pusat.

TribunVideo/Radifan Setiawan
ILUSTRASI Virus Corona/Covid-19. Hasil studi menyebut perokok memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi Virus Corona penyebab Covid-19. Ini penjelasannya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Jajaran Kodim 0414 Belitung telah menyiapkan rencana penerapan program new normal yang diusung pemerintah pusat.

Menurut Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang, pada tahap awal pihaknya akan fokus pada sosialisasi secara masiv kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

"Kami dari satuan kodim telah menyiapkan rencana garis besarnya dan minggu ini akan mulai tahap sosialisi. Tentunya nanti kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Belitung dan juga Polres," ujar Indra Padang, Senin (1/6/2020).

Dalam penerapannya memang terdapat kedisiplinan, tetapi fokus pada new normal justru ditekankan pada bagaimana cara menumbuhkan kesadaran perorangan.

Melalui kesadaran perorangan itu diharapkan akan meluas mulai dari keluarga, lingkungan hingga seluruh masyarakat Belitung.

Ia mengatakan sederhananya penerapan protokol kesehatan itu nanti masyarakat akan terbiasa dengan pola hidup mengenakan masker saat bepergian, cuci tangan menggunakan sabun ataupun handsanitizer dan physical distancing.

"Ini nanti akan kami lakukan khusus pada titik keramaian seperti swalayan, pasar, tempat ibadah dan lainnya. Kami sudah inventaris titik ini untuk penerapan pendisiplinan ini," ungkapnya.

Terlepas dari berbagai rencana besar tersebut, kata Indra, tingkat keberhasilannya tetap tergantung pada kesadaran masyarakat itu sendiri.

Oleh sebab itu, tahap sosialiasi akan dilakukan secara masiv dan harus diyakini bahwa ini merupakan solusi terbaik dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

Indra berharap penerapan new normal nantinnya mampu mendorong roda perekonomian Belitung yang mulai memprihatinkan akibat badai Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved