Berita Belitung

Cerita Calhaj Belitung Batal Berangkat, Mendaftar Sejak 2011, Demi Ke Tanah Suci Rela Jual Mobil

Pemerintah melalui Menteri Agama menyatakan bahwa keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) 2020 atau 1441 H ditiadakan.

Pixabay
Ibadah Haji 2020 dibatalkan. 

 POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah melalui Menteri Agama menyatakan bahwa keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) 2020 atau 1441 H ditiadakan.

Pembatalan keberangkatan para calhaj ke tanah suci Mekkah ini, tak lepas dari pandemi Covid-19 yang masih terjadi di dunia.

Kondisi ini juga menyebabkan calhaj dari Belitung pun batal berangkat ke tanah suci.

Satu di antara jemaah calhaj Belitung yang gagal berangkat ke Mekkah pada tahun 2020 ini, Hermiadi.

Mengetahui keberangkatan haji yang ditiadakan tahun ini, baginya tentu saja ada rasa kecewa.

Namun kekecewaan tersebut tertutupi rasionalitas melihat situasi kini tengah terjadi. Termasuk akses ke Arab Saudi yang sampai sekarang masih ditutup.

"Apalagi ini sesuatu yang sikap komunal atau berimbas bagi orang ramai. Kalau pemerintah memutuskan pembatalan keberangkatan tahun ini, mau tidak mau, suka tidak suka, kami harus menerima," ungkap pria yang juga Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpandan ini, Rabu (2/6/2020).

"Sudah feeling tidak akan berangkat, karena lihat perkembangan di dunia, sementara kalau haji pasti berkumpul," imbuhnya.

Demi Berangkat Haji Rela Jual Mobil

Rencana keberangkatan haji tahun ini telah dipersiapkannya dengan mendaftar pada 2011 silam. Ia bahkan menjual mobil agar bisa mendaftar haji bersama sang istri.

"Alhamdulillah dalam waktu sekian bulan diganti mobil lain. Kalau berbisnis dengan Allah tidak akan rugi, pasti diganti lebih baik," kata pria yang akrab disapa Edo ini.

Tak hanya bersama istri, rencana keberangkatan haji ini juga akan dilakukannya bersama rombongan keluarga. Sekitar 11 orang, rencananya semula akan turut menunaikan rukun Islam kelima itu.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved