Breaking News:

Pencegahan Virus Corona di Belitung

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Pimpin Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

Untuk mempertahankan zona hijau, pemkab masih menerapkan protokol kesehatan dan tata cara pelaksanaan peribadatan sesuai SE Menteri Agama.

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Bupati memasangkan badge pengawas protokol covid-19 kepada perwakilan TNI/Polri, Jumat (5/6/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Bupati Belitung Timur Yuslih memimpin apel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, dan Dinas Perhubungan di halaman Kantor Bupati Belitung Timur, Jumat (5/6/2020).

Dalam amanatnya, Bupati Yuslih mengatakan apel yang diinisiasi Kodim xx ini bertujuan menyamakan visi dan misi guna meminimalisir penyebaran covid-19 yang menjadi masalah global, terkhusus di Belitung Timur.

"Upaya kami serius mencegah penyebaran covid-19 di Beltim dan upaya ini akan terus kami lakukan. Wujudnya berupa berbagai aturan, imbauan, dan edaran dikeluarkan oleh pemerintah daerah," kata Bupati Yuslih.

Untuk mempertahankan zona hijau, pemkab masih menerapkan protokol kesehatan dan tata cara pelaksanaan peribadatan sesuai SE Menteri Agama..

Pemkab Beltim juga baru menerapkan bekerja dari kantor setelah beberapa bulan melakukan work from home mulai hari ini. Hal ini membuat pelayanan kepada masyarakat kembali normal namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

BREAKING NEWS: 155 Warga Manggar Rapid Test Hari Ini di Empat Lokasi Berbeda, 8 Orang Reaktif

"Namun hal ini tentu harus didukung oleh kesadaran masyarakat apalagi Beltim masuk dalam 102 daerah yang diberi kewenangan oleh Presiden untuk melaksanakan kegiatan masyarakat produktif dan aman covid-19," kata Yuslih.

Bupati bilang penerapan new normal bukan perkara mudah karena ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi supaya pelaksanaannya sesuai yang diharapkan, yakni sosialisasi, edukasi, hingga simulasi new normal di masyarakat.

"Jika nanti new normal diterapkan di Belitung Timur harus benar-benar untuk segala sektor yang diatur dapat mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan, demi keselamatan kita bersama. Tentu harus bekerjasama dan didukung oleh seluruh elemen," ucapnya.

Peran serta pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat, lanjutnya, sangat dibutuhkan dalam menjalankan new normal. Terutama dalam menjaga tempat umum dan pusat keramaian, untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

UPDATE, Pasien Terinfeksi Virus Corona di Belitung Bertambah Lagi, Kepala Sekolah Diisolasi di RSUD

Pihaknya mengakui harus melakukan simulasi dan sosialisasi yang masif kepada masyarakat terkait new normal. Begitupun terkait sanksi jika melanggar protokol kesehatan dalam menjalankan new normal seperti Polres Belitung Timur melakukan razia bagi pengendara bermotor yang tidak menggunakan masker.

"Selanjutnya kita bisa menerapkan sanksi kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan memberikan surat teguran tertulis," tegas Bupati. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved