Breaking News:

Berita Belitung

Mau Dapat Kuliah Gratis? Ayo Ikut Seleksi Beasiswa, Dindikbud Siapkan Kuota 30 Orang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung menyediakan kuota 30 beasiswa bagi mahasiswa.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung menyediakan kuota 30 beasiswa bagi mahasiswa. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung menyediakan kuota 30 beasiswa bagi mahasiswa. Beasiswa dari program Simpor (sistem manajemen pendidikan dan olahraga) yang merupakan satu di antara program inovasi Pemerintah Kabupaten Belitung.

Beasiswa tersebut bersifat hanya diberikan satu kali dan berupa bantuan tunai bernilai Rp 15 juta tiap mahasiswa dalam setahun.

"Prioritas (penerima beasiswa) memang (mahasiswa) yang kategori kurang mampu. Apabila kurang mampu tidak ada, barulah diambil yang IP (indeks prestasi) tinggi atau berprestasi. Kata kuncinya, mahasiswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu," jelas PPK Beasiswa Program Simpor untuk Perguruan Tinggi sekaligus Kabid Pembinaan Ketenagaan Dindikbud Kabupaten Belitung Hasandi, Minggu (7/6/2020).

Ia mengatakan, calon penerima beasiswa hanya diharuskan mengumpulkan berkas yang telah disyaratkan. Seperti terdaftar pada kartu keluarga (KK) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan yang diterbitkan oleh Disdukcapil Kabupaten Belitung.

Selain itu juga berasal berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari desa atau kelurahan setempat. Juga disertai pernyataan dari tetangga dan atau Ketua RT setempat dilengkapi meterai.

Di samping itu, IP minimal 3,0 jika kuliah di kampus terakreditasi A atau IP minimal 3,25 jika menempuh pendidikan di kampus terakreditasi B dan kampus di Kabupaten Belitung yang terakreditasi.

Calon penerima beasiswa harus melengkapi berkas seperti transkip nilai semester satu hingga semester sekarang.

Hasandi menyebutkan bahwa beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah kuliah minimal dua semester.

Berkas lain yang harus dilengkapi yakni fotokopi akreditasi jurusan atau akreditasi perguruan tinffi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Serta surat keterangan bebas dari narkoba, surat keterangan dari Perguruan Tinggi bahwa tidak sedang menerima bantuan biaya pendidikan atau sejenis dari pihak lain, dan surat pernyataan bermeterai dari yang bersangkutan yang menyatakan bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain

Surat pengajuan permohonan bantuan beasiswa ditujukan kepada Dindikbud Kabupaten Belitung. Serta melampirkan fotokopi buku rekening mahasiswa.

"Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, bisa datang langsung ke kantor dinas pendidikan setiap jam kerja atau melalui wa di 081929123599," jelas Hasandi.

Ia menambahkan, pengumpulan berkas dilakukan paling lambat 1 September 2020. Karena selanjutnya tim akan memverifikasi dan validasi berkas yang diajukan. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved