Breaking News:

Berita Belitung

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung Perbanyak Tanaman Lada Melalui Kelompok Tani

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung terus berupaya melakukan pengembangan tanaman lada.

posbelitung.co/Disa Ayandi
Hamzah 

POSBELITUNG.CO. BELITUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung terus berupaya melakukan pengembangan tanaman lada. Lantaran lada merupakan salah satu produk unggulan di Negeri Laskar Pelangi dan sudah menjadi produk ekspor.

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung  Hamzah mengatakan, untuk mendongkrak pertumbuhan lada, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) satu ini sudah melakukan rahabilitasi tanaman lada kepada 10 kelompok tani.

"Itu total luasan tanaman ladanya 100 hektar dengan jumlah bibit lada 80.000 bibit. Jadi bantuan itu semua sudah diserahkan ke kelompok tani. Ini tentu untuk memperluas produksi lada Belitung dan memperbaiki tumbuhan lada Belitung," ungkap Hamzah kepada Posbelitung.co, selasa (9/6/2020).

Sedangkan jumlah kelompok tani penerima bantuan khusus untuk kegiatan perluasan area lada, kini ada 15 kelompok tani. Secara keseluruhan lahan tersebut mencapai 125 hektar atau 100.000 bibit lada.

"Tetapi kalau kondisinya nanti terdesak untuk kebutuhan, maka itu dapat dijadikan bibit karena sudah tersertifikasi dari Pemerintah Provinsi," ujarnya.

Secara keseluruhan terdapat 25 kelompok tani di Negeri Laksar Pelangi sudah menerima bantuan bibit lada varietas petaling satu dan varietas nyelungkup untuk pengembangan tanaman lada di Kabupaten Belitung.

"Jadi bantuan ini bisa kami jadikan sebagai dasar bibit-bibit lada selanjutnya di Kabupaten Belitung jadi itu bukan bibit untuk benih tapi memang untuk pengembangan," jelasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved