Breaking News:

Berita Belitung

Dandim 0414/Belitung Ajak Pemilik Warung Kopi di Manggar Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang meminta peran serta pemilik warung kopi di Manggar agar menerapkan protokol kesehatan

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Pemilik warung kopi di Manggar dikumpulkan di Aula Kantor Camat Manggar, Rabu (10/6/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang meminta peran serta pemilik warung kopi di Manggar agar menerapkan protokol kesehatan di tempat tersebut.

Sosialisasi disiplin penerapan protokol kesehatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat Manggar, Rabu (10/6/2020).

Indra mengatakan warung kopi sebagai satu tempat interaksi yang ramai dikunjungi masyarakat bisa berpotensi menyebarkan virus corona. Karena itu, upaya pencegahan yakni dengan menerapkan protokol kesehatan bisa meminimalisir resiko tersebut.

"Rekan-rekan bisa mengatur ulang tempat duduk yang ada di warkop. Berikan jarak satu sampai dua meter saat duduk," kata Indra di hadapan puluhan pemilik warung kopi.

Lebih lanjut, ia sendiri tidak melarang masyarakat mengunjungi warung kopi untuk ngopi. Namun, juga harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan sehingga sama-sama nyaman.

Ia juga mengakui akan ada sanksi kepada orang-orang yang tak menerapkan protokol kesehatan. Namun sanksi ini masih harus digodog oleh provinsi.

"Bisa saja nanti jika tidak memakai masker ditegur, disanksi, atau didenda. Kita tunggu peraturan gubernur untuk itu," kata Indra.

Sementara itu, Camat Manggar Amirudin mengatakan acara yang dinisiasi oleh forkopimcam ini sebagai bentuk menyadarkan masyarakat lewat tangan pemilik warung kopi. Karena ia menilai penerapan protokol kesehatan masih rendah di lingkungan masyarakat saat ini.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan rekan-rekan bisa membantu dalam upaya menyetop penyebaran virus corona ini," harap Amirudin.

Selain sosialisasi, forum ini juga digunakan untuk mengedukasi pemilik warung kopi bahwa pemeriksaan rapid test bukan untuk menakut-nakuti tapi untuk deteksi dini demi kebaikan bersama.

"Jika hasilnya reaktif tentu harus melakukan isolasi mandiri dan belum tentu menunjukkan positif corona. Jadi jangan takut," tambah Amirudin.

Sosialisasi ini selain dihadiri oleh Dandim dan Camat, juga dihadiri oleh Danramil Manggar Mayor Inf Djoko Lelono, Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki, perwakilan KUA Manggar, dan Kepala Kesbangpol Beltim Haerial. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved