Breaking News:

Tahun Ajaran Baru

Anggota DPR ini Ingatkan Semua Sekolah Hindari KKN dan Intervensi Proses Penerimaan Siswa Baru

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa’adudin Djamal mengingatkan semua sekolah untuk menghindari adanya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme

Penulis: tidakada008 | Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Serambi Indoensia/Dok
Illiza Sa'aduddin Djamal 

POSBELITUNG.CO -- Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PPP Illiza Sa’adudin Djamal mengingatkan semua sekolah untuk menghindari adanya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dan intervensi dalam proses penerimaan siswa baru yang sebentar lagi dibuka. 

"Semua sekolah harus memastikan proses penerimaan siswa baru ini sesuai dengan prosedur yang ada. Tidak boleh ada praktik KKN dalam proses penerimaan siswa, sehingga semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk masuk ke sekolah favorit sesuai prestasi, kemampuan, dan tempat tinggal mereka," ujar Illiza, kepada Tribunnews.com, Sabtu (13/6/2020). 

Adapun imbauan yang dilakukan Illiza bukan tanpa alasan.

Illiza mengaku mendengar ada beberapa pihak di sejumlah daerah yang mencoba melakukan intervensi pada penerimaan siswa baru. 

Intervensi itu dilakukan dengan modus membuat surat rekomendasi agar siswa tertentu diterima di suatu sekolah.

PRT Asal Indonesia Didakwa di Pengadilan Singapura Setelah Melempar Anjing Majikan dari Lantai Tiga

Menurut Illiza hal tersebut merupakan salah satu praktik KKN yang harus dihindari sekolah.

"Sekolah harus menolak jika ada intervensi dari berbagai pihak, baik itu dari pejabat pemerintah baik di tingkat dinas pendidikan maupun lainnya untuk menerima atau menolak siswa tertentu," kata dia. 

Politikus PPP itu mengatakan prosedur dan ketentuan yang ada harus menjadi acuan sekolah dalam menerima siswa baru. 

Jika sekolah tidak melaksanakan penerimaan siswa sesuai prosedur yang ada, maka akan berpotensi terjadi protes dari masyarakat dan menimbulkan kerugian bagi sekolah itu sendiri. 

"Karena nama baik mereka akan tercoreng. Sekolah yang tidak adil dalam proses penerimaan siswa baru akan dikenal sebagai sekolah yang tidak mempunyai kredibilitas," ujarnya. 

Ridwan Kamil Sebut Biaya SPP SMA/SMK di Jawa Barat Gratis di Tahun Ajaran Baru 2020, Begini Jelasnya

"Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus menjadi contoh sebagai instutusi yang menjunjung tinggi keadilan dan menekankan pendidikan karakter dengan cara mengindari praktikKKN termasuk dengan menghindari terjadinya intervensi," pungkas Illiza. 

(*/ Vincentius Jyestha Candraditya)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Diingatkan Semua Sekolah Hindari KKN dan Intervensi Proses Penerimaan Siswa Baru

Tuntut Produsen Alat Kontrasepsi Gara-gara Istri Hamil, Pria ini Malah Diajari Cara Pakai Kondom

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved