Breaking News:

Pilkada Belitung Timur 2020

Ketua KPU Belitung Timur Bilang Ini Tantangan Melaksanakan Pilkada di Masa Pandemi Covid-19

Menyusul dilanjutkannya tahapan Pilkada Beltim mulai besok Senin (15/6/2020), KPU Beltim mengatakan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Dedi Qurniawan
posbelitung.co/Suharli
Ketua KPU Belitung Timur, Rizal saat berada di ruang kerjanya. Jumat (5/6/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Menyusul dilanjutkannya tahapan Pilkada Beltim mulai besok Senin (15/6/2020), KPU Beltim mengatakan ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Satu di antaranya adalah keseriusan atau tertibnya masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam seluruh tahapan maupun saat pelaksanaan Pilkada nanti.

"Memang perlu waktu dan harus melalui proses yang panjang dalam menyadarkan kita semua bahwa melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19," kata Ketua KPU Beltim Rizal kepada posbelitung.co, Minggu (14/6/2020) di ruang kerjanya.

Tahapan Pilkada nantinya akan banyak berkontak langsung dengan masyarakat. Hal ini yang harus dicermati secara serius oleh petugas maupun oleh warga sendiri.

"Kami berprinsip harus melindungi masyarakat dan tentunya harus melindungi diri sendiri juga. Pola pikir dan keseharian dalam melaksanakan protokol kesehatan ini harus disampaikan dan dilaksanakan dalam setiap tahapan Pilkada," ucap Rizal.

Lebih lanjut, Rizal juga memaparkan bahwa seandainya pandemi ini belum berakhir pada pencoblosan Desember mendatang akan ada beberapa kemungkinan.

Pertama, penyelenggara akan menyiapkan alat pencoblosan sekali pakai sehingga celah penularan bisa diminimalisir.

"Kedua adalah dengan membekali pemilih dengan sarung tangan sekali pakai dari mulai datang hingga keluar TPS. Ketentuan-ketentuan teknisnya akan dibicarakan lebih lanjut nanti," kata Rizal. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved