Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Angka Stunting di Belitung Timur Stabil

Muhamad Yulhaidir mengatakan angka stunting di masa pandemi virus corona tidak mengalami peningkatan cenderung stabil.

Dokumentasi Pos Belitung
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengatakan angka stunting di masa pandemi virus corona tidak mengalami peningkatan cenderung stabil.

Mereka yang mengalami stunting tetap dimonitor dan dipantau baik bayi maupun balita. Sementara tidak ada peningkatan, bahkan sudah menunjukkan penurunan dari beberapa aspek.

"Per Februari lalu angka stunting kita untuk balita sekitar 6,47% dan untuk baduta sekitar 4,54%. Sementara ini masih stabil, tapi tidak tahu pasca diterapkannya new normal nanti seperti apa. Yang pasti tetap di bawah kontrol kita," kata Yulhaidir kepada posbelitung.co, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya bahkan ada penurunan tingkat stunting. Contohnya di Simpang Pesak ada inovasi pemberian makanan dengan gizi yang sudah ditakar. Dari 10 anak tinggal dua anak yang masih kekurangan gizi, sisanya mendapat gizi yang baik dan cukup.

Lebih lanjut, ia mengatakan Kota Manggar masih menyandang status zona merah dalam hal angka stunting. Ia mengatakan hal ini karena jumlah penduduk yang tinggi. Namun secara keseluruhan, sekitar 80 persen dari total desa di Beltim sudah berkategori gizi baik.

Walaupun di masa pandemi, pihaknya tetap melakukan upaya-upaya berupa program inovasi agar angka stunting tidak meningkat.

"Program inovasi terus dilakukan juga dari penguatan peran desa. Ada kegiatan-kegiatan rutin juga yang dilakukan dan tentunya memperhatikan protokol kesehatan," kata Yulhaidir.

(Posbelitung.co/ Bryan Bimantoro)
 

--

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved