Breaking News:

Indonesia Punya Jenis Durian Paling Banyak Dibanding Negara Penghasil Durian Lainnya, Ini Sebabnya

Dibandingkan dengan negara penghasil durian lainnya seperti Malaysia dan Thailand, Indonesia punya ragam jenis durian paling banyak.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES
Suasana di Durian Ucok, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8/2016). Durian Ucok buka 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam sepekan. Di sini, pengunjung bisa meminta durian sesuai rasa yang digemari, antara pahit dan manis. 

POSBELITUNG.CO - Indonesia jadi salah satu negara penghasil durian terbanyak di dunia.

Dibandingkan dengan negara penghasil durian lainnya seperti Malaysia dan Thailand, Indonesia punya ragam jenis durian paling banyak.

"Karena sebagian besar durian Indonesia itu ada di alam. Sekitar 85 persen di alam. Hanya 15 persen yang dikebunkan, itu data sekitar 4-5 tahun lalu ya," ujar pakar durian dari Yayasan Durian Nusantara, Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com.

Menurut Reza, 85 persen durian yang ada di alam liar itulah yang kemudian menghasilkan beragam jenis varietas yang sangat banyak.

Prosesnya, durian-durian itu tumbuh sembarangan dari biji.

Entah biji durian yang habis dimakan orang lalu dilempar begitu saja ke tanah.

Biji tersebut kemudian akan tumbuh di tempat tersebut. Pada umumnya, proses berkembangnya pohon durian di Indonesia seperti itu.

Dari proses itulah kemudian muncul beragam varietas durian yang berbeda.

"Jadi ya hanya 15 persen lah yang diokulasi (dikebunkan). Hanya sedikit yang memang diperbanyak, hanya varietas tertentu saja. Sisanya ya beragam, menghasilkan varietas dan rasa beda," katanya.

Reza mengandaikan durian seperti halnya manusia yang memiliki sifat berbeda.

Halaman
123
Editor: Novita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved