Breaking News:

Berita Belitung

Sekolah di Belitung Bisa Gunakan Dana Bos dan BOP untuk Lengkapi Protokol Kesehatan

Khusus untuk anggaran BOS, sekolah maksimal bisa menggunakan anggaran tersebut sebesar 15 persen dari jumlah anggaran

Pos Belitung/Disa Aryandi
Pelajar SMP Negeri 1 Tanjungpandan ketika berada di ruang perpustakaan, Selasa (16/6) . 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung Juhri mengatakan, untuk melengkapi peralatan protokol kesehatan di setiap sekolah, mereka sudah mengarahkan pihak sekolah agar menggunakan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkatan SMP dan SD.

Sedangkan untuk tingkatan TK/Paud agar bisa memanfaatkan anggaran Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP).

Khusus untuk anggaran BOS, sekolah maksimal bisa menggunakan anggaran tersebut sebesar 15 persen dari jumlah anggaran yang tersedia di sekolah itu.

"Itu memang sudah di anjurkan, agar pihak sekolah menggunakan dana BOS, untuk membeli peralatan protokol kesehatan. Kalau dana BOS maksimal 15 persen, bisa digunakan untuk itu," kata Juhri kepada posbelitung.co, selasa (16/6/2020).

Namun, untuk TK/Paud bisa memanfaatkan dana BOP. Hanya saja untuk penggunaan dana BOP ini, menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan sekolah.

"Jadi tidak ada batasan, menyesuaikan dengan kondisi sekolah saja. Tapi terlebih dahulu harus menghitung operasional dan honor tenaga pengajar, sisa nya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan protokol kesehatan," ujarnya.

Lantaran ada perbedaan antara batas penggunaan dana BOS dan BOP, kata Juhri, untuk keperluan tersebut, mengingat perlakuan antara siswa TK/Paud, SD dan SMP mengalami perbedaan.

"Arahan itu memang sudah ada untuk semua sekolah, jangan sampai nanti kecolongan lah istilahnya, jadi sebelum masuk sekolah, semua peralatan yang berkaitan dengan protokol kesehatan sudah tersedia di sekolah," jelasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved