Aplikasi Aku Pintar ini Besutan Lokal, Bantu Orang Tua Murid Cari Sekolah Terbaik Lewat Fitur Zonasi

Seperti dua tahun ajaran sebelumnya, PPDB 2020 menggunakan sistem zonasi. Calon peserta didik dianjurkan untuk menempuh pendidikan di sekolah

IST
Aplikasi Aku Pintar di smartphone. 

POSBELITUNG.CO -- Seperti dua tahun ajaran sebelumnya, PPDB 2020 menggunakan sistem zonasi.

Adapun calon peserta didik dianjurkan untuk menempuh pendidikan di sekolah yang memiliki radius terdekat dari domisilinya masing-masing.

Pengaturan ini bertujuan agar tak ada sekolah yang dianggap favorit dan non favorit. Namun, keterbatasan akses informasi kerap menjadi kendala dalam pelaksanaan PPDB dengan zonasi.

Orang tua dan siswa tidak cukup paham soal sistem zonasi, sekolah apa saja yang masuk dalam wilayah zonasinya dan bagaimana profil dan kualitas sekolahnya.

Berdasarkan pengalaman PPDB zonasi di tahun 2019, banyak siswa dan orang tua yang masih bingung dengan sistem ini ditambah lagi peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama masa pandemi Covid-19 membuat mobilitas orang tua terbatas untuk mendatangi setiap SMA yang akan dipilih.

Bos Pertamina ini Ungkap Alasan Tak Turunkan Harga BBM Meski Harga Minyak Mentah Dunia Turun

Padahal penentuan sekolah tentunya tidak bisa sembarangan karena sangat mempengaruhi pendidikan serta masa depan anak.

Kondisi ini mendorong PT Aku Pintar Indonesia, melalui aplikasi Aku Pintar menyediakan informasi tersebut lewat fitur Sekolah Pintar yang dapat diakses melalui akun siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Saat ini, Fitur Sekolah Pintar dilengkapi dengan fitur Zonasi dan Bandingkan Sekolah sehingga keduanya melengkapi fitur yang sudah ada dalam Fitur Sekolah Pintar sebelumnya yaitu Cari Sekolah.

Fitur Zonasi akan memudahkan siswa dan orangtua dalam mendapatkan informasi terkait SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi.

Dalam fitur Zonasi, saat ini pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. Untuk menggunakan fitur ini, user dapat menggunakan pilihan sekolah kamu yang secara otomatis menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa atau bila orang tua dan siswa sedang berada di rumah, gunakan pilihan lokasi saat ini. Daftar sekolah yang muncul bisa diurutkan mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih.

Halaman
1234
Penulis: tidakada008
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved