Konflik Korut dan Korsel Memanas, PBB Minta Kedua Belah Pihak Duduk Bersama

Akibat peristiwa ini akan menimbulkan kemunduran serius dari upaya Presiden Korea Selatan Moon Jae-In untuk merajut perdamaian.

Yonhap via YouTube The Sun
Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korea Selatan di Kaesong. 

Konflik Korut dan Korsel Kembali Memanas, PBB Minta Kedua Belah Pihak Duduk Bersama

POSBELITUNG.CO - Pihak Korea Utara akhirnya menghancurkan kantor penghubung dengan Korea Selatan di perbatasan Kaesong, Selasa (16/6/2020).

Hal ini merupakan tindak lanjut ancaman yang dilakukan oleh Pyongyang.

Akibat peristiwa ini akan menimbulkan kemunduran serius dari upaya Presiden Korea Selatan Moon Jae-In untuk merajut perdamaian. 

Dilansir oleh Tribunnews.com, Rabu (17/6/2020), menurut laporan dari Kantor berita resmi Korea Utara KCNA, negara itu menghancurkan kantor penghubung dengan "ledakan dahsyat" karena "marah".

"Penghancuran ini sejalan dengan pola pikir orang-orang yang marah kepada sampah manusia dan mereka, yang telah melindungi sampah itu, harus membayar mahal atas kejahatan mereka," demikian laporan KCNA merujuk pada para pembelot Korea Utara di Korea Selatan yang mengirim selebaran propaganda anti-Pyongyang selama bertahun-tahun.

Terkait peristiwa ini, pemimpin Korea Selatan menyerukan untuk berhenti menaikkan ketegangan.

Korea Selatan mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "penyesalan yang luar biasa" atas penghancuran kantor penghubung.

Pernyataan tersebut, yang dikeluarkan setelah pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional, mengatakan penghancuran itu adalah "tindakan yang mengkhianati harapan untuk perbaikan hubungan Korea Selatan-Korea Utara dan menciptakan perdamaian di Semenanjung Korea."

Secara terpisah, Departemen Pertahanan Korea Selatan mengatakan mereka tengah memonitor kegiatan militer Korea Utara dan siap siaga untuk bertempur.

Halaman
12
Tags
Korut
PBB
Penulis: tidakada007
Editor: khamelia
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved