Hasil Survei Menemukan Konsumen Siap Beli Kendaraan Secara Online

CEO Markplus Inc Iwan Setiawan mengatakan, pelanggan bisa menjadi pendorong dalam penetrasi digital di sektor otomotif.

internet
Ilustrasi beli kendaraan secara online. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Survei dari Markplus Inc menemukan, pelanggan/pembeli kendaraan (mobil/motor) telah siap mengadopsi digital dalam bertransaksi.

Salah satu contoh kesiapannya adalah masyarakat kerap melihat spesifikasi kendaraan melalui channel Youtube sebelum membeli.

CEO Markplus Inc Iwan Setiawan mengatakan, pelanggan bisa menjadi pendorong dalam penetrasi digital di sektor otomotif.

Untuk itu dia menyarankan, industri transportasi perlu cepat menggarap digitalisasi seperti membuat dealer apps.

"Sekarang yang dealernya siap mungkin hanya major player (pemain utama) saja. Tapi hampir sisanya belum siap sama sekali untuk go online. Kami harap mereka bangun capability," kata Iwan dalam webinar Markeeters Hangout, Kamis (18/6).

Dalam survei disebutkan, 62 persen pelanggan otomotif yang disurvei ingin dealer memiliki aplikasi pembelian, 56 persen pelanggan ingin perusahaan otomotif menyediakan home delivery dan melakukan test drive di rumah, dan 41 persen ingin pembayaran online.

Selanjutnya, 34 persen pelanggan juga ingin ada fitur pengecekan kondisi riil kendaraan yang ingin dibeli secara virtual, dan 27 persen ingin fitur pengecekan kendaraan melalui panggilan video.

Selain itu, pelanggan juga siap mengadopsi digital usai membeli kendaraan (after-sales) untuk perawatan dan perbaikan mobil, seperti update pengadaan onderdil baru, home service, konsultasi melalui video call, loyalti program untuk setiap pembelian onderdil, dan sebagainya.

"Karena kebanyakan pelanggannya sudah siap, kami harap dealer-dealer bangun kapasitas untuk itu. Atau kalau enggak bisa, ya (lakukan) kolaborasi," sebutnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei: Konsumen Siap Beli Kendaraan Secara Online"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved