Breaking News:

Berita Belitung

DKPP Belitung Kembangkan Padi Inpari Nutri Zinc, Kaya Nutrisi Bisa Mencegah Stunting

Kandungan Zn pada varietas padi inpari sebesar 34,51 ppm, sementara varietas lain seperti ciherang memiliki kandungan 24.06 ppm.

istimewa
Petani di Desa Gantung menanam bibit padi di lahan sawahnya. (25/1/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung kini sudah mulai mengembangkan padi inpari nutri zinc.

Padi tersebut sama seperti padi pada umumnya, hanya saja memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Berdasarkan data deskripsi yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian tahun 2019, kandungan Zn pada varietas padi tersebut sebesar 34,51 ppm, sementara varietas lain seperti ciherang memiliki kandungan 24.06 ppm.

"Berdasarkan penelitian pemuliaan tanaman, di dalam padi nutri zinc kaya nutrisi dan mungkin lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Tentu nya padi ini, hasil penelitian bisa untuk mengantisipasi stanting (kekerdilan) pada anak," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Kabupaten Belitung Tenny Meireni kepada Posbelitung.co, sabtu (20/6/2020).

Khusus di Belitung, yang sudah mulai menanam padi Inpari Nutri Zinc tersebut, adalah petani di Desa Air Gede, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Padi itu di tanam di atas lahan satu hektar, dengan perkiraan menghasilkan 4 ton Gabah Kering Giling (GKG).

"Jadi kalau menjadi beras diperkirakan sebanyak 2 ton. Nah untuk hasil panen nya untuk sementara ini dijadikan sebagai benih saja untuk kembali di tanam sebagai pengembangan lebih lanjut. Karena padi itu dengan label putih atau benih dasar maka ditanam kembali," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk padi inpari nutri zinc memang baik dikonsumsi bagi anak-anak guna mengatasi stunting atau kekerdilan.

Sehingga telah direncanakan kedepan, bagi wilayah atau Desa yang angka stunting nya tinggi, diharapkan bisa mengembangkan padi tersebut.

"Jadi mereka nanam Desa tersebut, dan panen juga di Desa itu, dan di konsumsi oleh Desa itu pula," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved