Pandemi Virus Corona di Bangka Belitung

Angka Kehamilan di Belitung Naik, Pandemi Covid-19 Diperkirakan Jadi Penyebab

Berdasarkan data, pada Mei 2019 lalu, angka ibu hamil di Belitung mencapai 829 orang. Sementara pada Mei 2020 ini terdapat 1.041 ibu hamil.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung drg. Popy Aprilina 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Secara absolut, angka kehamilan di Belitung mengalami kenaikan dari periode Januari-Mei.

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat drg. Popy Aprilina, kenaikan diperkirakan sekitar 10 persen berdasarkan sasaran ibu hamil.

Berdasarkan data, pada Mei 2019 lalu, angka ibu hamil di Belitung mencapai 829 orang. Sementara pada Mei 2020 ini terdapat 1.041 ibu hamil.

"Kenaikan sebetulnya pengaruh Covid-19 pasti ada, misalnya tidak bisa bertemu petugas KB, karena tidak bisa bertemu petugas kesehatan, kemungkinan jadwal suntiknya lewat, mengambil pil terhambat. Apalagi KB jenis suntik ini paling banyak," katanya, Senin (22/6/2020).

Faktor kesulitan menemui petugas KB ini bisa menjadi penyebab. Padahal bisa saja kontrasepsi yang digunakan telah melewati masa aktif.

"Kondisinya banyak di rumah, bertemu petugas susah, ke puskesmas tidak berani, jadi banyak faktor. Kemungkinan itu sih," imbuh dia.

Menurutnya, memang disarankan ketika pandemi bisa menunda kehamilan. Karena pemeriksaan kesehatan sulit dan lebih berisiko ketika ibu hamil pergi ke tempat umum. Termasuk ketika ke pelayanan kesehatan.

Ibu hamil ketika memerlukan layanan kesehatan, sebaiknya membuat janji temu. Agar mengantisipasi kerumunan mengakses layanan kesehatan.

Kemudian, Covid-19 termasuk penyakit baru, sehingga karakteristik jika terjadi pada ibu hamil belum diketahui efeknya akan berpengaruh pada kandungan atau tidak. Bahkan metode penanganan khusus pun belum diketahui caranya.

Makanya, kata Popy, dalam waktu dekat dipersiapkan rapid test bagi semua ibu hamil. Sehingga bisa diketahui langkah penanganan ketika persalinan.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved