Berita Belitung

Belitung Pilih Tema Tampang Lamak Perangai Baru Untuk New Normal

Tampang Lamak, Perangai Baru (Wajah Lama Perilaku Baru) , itulah tema yang ditetapkan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)

Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Selasa (28/4) ketika membagikan masker di Pasar Baro Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Tampang Lamak, Perangai Baru (Wajah Lama Perilaku Baru) , itulah tema yang ditetapkan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) untuk standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan new normal di Kabupaten Belitung.

Judul untuk SOP protokol kesehatan itu, menggunakan bahasa Belitong, yang dipilih langsung oleh orang nomor satu di Belitung tersebut.

Ia memilih tema tersebut, karena untuk penetapan new normal dikembalikan kepada inovasi daerah masing-masing.

"Ya jadi saya pilih tema seperti itu, karena itu adalah bahasa Belitung sehari. Jadi pesan ini bisa dengan mudah bisa dipahami oleh masyarakat, karena menggunakan bahasa Belitong," kata Sanem kepada posbelitung.co, senin (22/6/2020).

Ia mengartikan, untuk new adalah baru, normal adalah kebiasaan sehari-hari, yang memiliki makna sama seperti, "tampang lamak, perangai baru".

"Tampang adalah diri sendiri, perangai adalah perilaku sehari-hari, jadi hanya di lokalkan saja, agar bisa mudah dicerna dan dipahami dengan cepat oleh masyarakat," jelas Sanem.

Judul tersebut, diyakini oleh masyarakat agar bisa dengan mudah dicerna dan diterapkan di masyarakat. Seperti meminta masyarakat untuk dalam sebuah perkumpulan menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

"Menggunakan masker, jadi tampang (wajah) tetap sama, hanya perangai (perilaku) saja yang berubah. Karena ini menggunakan Bahasa Belitung, saya yakin akan mudah diingat oleh masyarakat," pungkasnya.

Pertemuan Pemerintah Kabupaten Belitung, Senin (22/6/2020) dengan Kepala Desa/Lurah dan Camat di Kabupaten Belitung
Pertemuan Pemerintah Kabupaten Belitung, Senin (22/6/2020) dengan Kepala Desa/Lurah dan Camat di Kabupaten Belitung (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

1 Juli 2020 Belitung Mulai Terapkan New Normal

Pemerintah Kabupaten Belitung, Senin (22/6/2020) sudah memutuskan untuk menerapkan new normal di tanggal 1 Juli 2020 mendatang, untuk seluruh sektor yang ada Kabupaten Belitung.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved