Berita Belitung Timur

Kapolres Beltim Tinjau Kesiapan Kampung Tegep Mandiri di Desa Gantung

Saat ini jajaran Polres Beltim tengah mendorong dan memotivasi masyarakat tentang penerapan new normal yang mana pelaksanaannya masyarakat

Ist.PolresBeltim
Kapolres saat meninjau kesiapan Kampung Tegep Mandiri. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Dalam mewujudkan masyarakat disiplin protokol kesehatan menjelang penerapan new normal di kawasan ini, Polres Beltim sudah mencanangkan beberapa Kampung Tegep Mandiri tersebar di setiap satu desa percontohan di setiap wilayah Polsek jajaran.

"Ini merupakan program Kapolda yang mana dalam hal ini mendukung agar terlaksananya new normal yang tepat sasaran dan mampu mendisiplinkan warganya menerapkan protokol kesehatan," kata Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo kepada posbelitung.co, Senin (22/6/2020) seusai meninjau kesiapan Kampong Tegep Mandiri di Desa Gantung didampingi Kasat Reskrim AKP Ghalih Widyo Nugroho dan Kapolsek Gantung Iptu Wawan Suryadinata.

Saat ini jajaran Polres Beltim tengah mendorong dan memotivasi masyarakat tentang penerapan new normal yang mana pelaksanaannya masyarakat harus bersikap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut dikemas dalam suatu program sesuai dengan petunjuk dari Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat yaitu Kampung Tegep Mandiri (KTM).

Ada berbagai kriteria atau indikator dalam penerapan Kampung Tegep mandiri, mulai dari petugas kesehatan, unsur tiga pilar (TNI-Polri dan Pemerintahan Desa), tersedianya fasilitas kesehatan seperti masyarakat sudah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di depan rumah masing-masing, di tempat perbelanjaan, tempat ibadah dan masyarakat sudah paham serta disiplin dalam menerapkan kehidupan sehari-hari sesuai dengan protokol kesehatan.

"Tidak sampai disitu, untuk memberdayakan masyarakat yang mana bisa mendongkrak baik pendapatan maupun untuk kebutuhan di suatu desa bisa tepenuhi, Polres Beltim memberikan dorongan dan motivasi secara penuh kepada masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur yang ada, baik untuk pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan yang dikemas dalam suatu program dari Pemerintah yaitu ketahanan pangan nasional sebagai pendukung tertib dan disiplinnya masyarakat terkait pelaksaan protokol kesehatan di Kampung Tegep Mandiri," ucap Kapolres.

Sampai saat ini ada Desa Sukamandi Damar, Desa Senyubuk Kelapa Kampit, Desa Gantung Kecamatan Gantung, dan Desa Lalang Manggar yang menerapkan Kampung Tegep Mandiri dalam rangka pengenalan new normal dalam pengetatan penerapan protokol kesehatan.

Jojo berharap Kampung Tegep Mandiri ini nantinya akan diterapkan di seluruh desa di Belitung Timur agar penerapan protokol kesehatan bisa sepenuhnya berjalan.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved