Pilkada Belitung Timur

Bawaslu Beltim Ingatkan ASN Wajib Berlaku Netral di Pilkada 2020

Bawaslu Beltim sudah melakukan Nota Kesepahaman (MoU) terkait Netralitas ASN yang ditandatangani seluruh camat yang ada di wilayah Kabupaten Beltim

posbelitung/suharli
Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Arief Firmansyah (tengah) didampingi Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira (kanan pakai peci). Jumat (19/6/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Lanjutan pelaksanaan Tahapan Pilkada Kabupaten Belitung Timur 2020 sudah berjalan lebih dari seminggu.

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur sejak (15/6), kembali mengingatkan tentang Netralitas Aparat Sipil Negara (ASN).

Anggota Bawaslu Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHHL), Ihsan Jaya mengatakan khusus terkait dengan ASN di Belitung Timur.

Bawaslu Beltim sudah melakukan Nota Kesepahaman (MoU) terkait Netralitas ASN yang ditandatangani seluruh camat yang ada di wilayah Kabupaten Belitung Timur.

"MoU tersebut juga sudah diserahkan kepada seluruh Camat se-Belitung Timur, ditambah lagi dengan adanya perjanjian antar Bawaslu RI dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) beberapa waktu lalu, intinya supaya semuanya wajib berlaku netral, termasuk tentunya kawan-kawan ASN di Beltim," ujar Ihsan kepada posbelitung.co, Rabu (24/8/2020).

Termasuk juga Bawaslu memiliki kewajiban memantau ASN kaitan dengan netralitas, sesuai dengan Perbawaslu Nomor 06 Tahun 2018 terkait Pengawasan Netralitas ASN.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Belitung Timur, Wahyu Epan Yudhistira menyampaikan di Kabupaten Belitung Timur sebelumnya pada Pilgub 2017 lalu, pernah menangani temuan dugaan pelanggaran terkait nertralitas ASN.

Namun tidak sampai ke pe-rekomendasi ke KASN ataupun ke pembina kepegawaian yang ada di lingkup kabupaten.

"Kami melakukan upaya-upaya yang sejalan dengan penegakan aturan, agar tidak di ulangi kembali, termasuk juga sebagai upaya pencegahan, yang menjadikan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi ASN yang lain," ujar Epan.

Menurut Epan, selain jumlah ASN yang cukup besar, juga soal simbiosis mutualisme atau hubungan saling menguntungkan antara pimpinan daerah dengan kalangan ASN.

Halaman
12
Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved