Dokter Siti Sarankan Pakai Topi saat Olahraga di Luar Rumah, Begini Penjelasannya

Tak sedikit masyarakat saat ini sudah berani berolahraga di luar rumah, meski pandemi virus corona (covid-19) belum dapat dikendalikan.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2020). Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar HBKB atau CFD dengan menerapkan protokol kesehatan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 lalu karena pemberlakuan PSBB untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) semakin meluas. 

POSBELITUNG.CO -- Tak sedikit masyarakat saat ini sudah berani berolahraga di luar rumah, meski pandemi virus corona atau covid-19 belum dapat dikendalikan.

Adapun olahraga favorit yang belakangan ini sedang digandrungi adalah bersepeda.

Namun, apapun bentuk olahraganya disarankan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.

Dokter Siti Chandra Wijayantie, Sp.KFR(K) dari RSUP Persahabatan menyebutkan saat olahraga ke luar rumah pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, jaga jarak, dan membawa perlengkapan cuci tangan.

"Harus diperhatikan soal protokol kesehatan. Kalau dia olahraga tentu harus bawa hand sanitizer, sabun cair atau air untuk cuci tangan, tergantung aksesnya yang paling mudah buat dia. Dia harus pakai masker," ungkap dr. Siti Chandra, saat live di Radio Kesehatan, Selasa (23/6/2020).

Pedangdut Zian Barbie Kembali Lagi ke Panggung Hiburan Tanah Air, Akui Kerjanya Menyenangkan

Kemudian tips lainnya dari dr. Siti Chandra. Saat olahraga ke luar rumah, menurut dia, ada baiknya pakai topi, bandana, atau pelindung rambut lainnya.

Rambut memang tidak menularkan covid-19 namun tangan kotor yang memegang rambut seperti saat membetulkan poni bisa menempelkan virus di rambut, yang kemudian menyebar ke tubuh lainnya.

"Rambut tidak menularkan, tapi reflek kita itu biasanya tangan kita garuk-garuk rambut, pegang-pegang rambut. Nah si tangan ini yang kemudian kucek mata, pegang mata, pegang hidung, dan pegang mulut. Makanya tangan hrus sering dicuci," kata dr. Siti Chandra.

Topi yang sudah di pakai ke luar rumah juga harus segera di cuci atau di semprotkan cairan pembersih sama seperti baju yang digunakan saat keluar rumah

Kemudian sampai rumah juga langsung mandi termasuk mencuci rambut atau keramas supaya tidak ada virus yang menempel.

Bocah Laki-laki Ini Sempat Viral, Disebut Kembaran Vanesha Prescilla, Kini Tumbuh Remaja, Miripkah?

Dr. Siti Chandra juga mengingatkan saat keluar rumah dan melihat adanya keramaian sebaiknya dihindari, menjaga jarak jangan sampai bersentuhan dengan orang lain.

"Tetap physical distancing, jangan olahraga bergerombol. Tetap hrus dilakukan berbaris dengan mengambil jeda. Kalau sekiranya kita lagi ada di kerumunan carilah space yang gak terlalu ramai," ucap dr. Siti Chandra.

(*/ Apfia Tioconny Billy)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Olahraga Di Luar Rumah, Dokter Sarankan Pakai Topi

Koalisi Arab Saudi Jatuhkan Rudal Balistik yang Diarahkan ke Ibu Kota Riyadh, Ini Jelasnya

Putri Sulung Nikita Mirzani ini Nggak Kalah Gaul dari sang Ibu, Kini Tumbuh Jadi Remaja Cantik

 

Penulis: tidakada008
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved